Senin, Maret 29, 2010
Kenapa Gue Bikin Film (?): I’m Watching Yeye Crew On The Behind Camera!
Hello hello.. kartu hello (emang ada? ngaco!)

Ukey, langsung aja deh tanpa basa basi gue bakalan ceritain film gue ini.. yep, kalo boleh dibilang ini adalah film yang sangat special banget pake telor tapi gak usah pake toge (apaan sih!)

Masih dengan film pendek, film indie, film dengan budget super miskin! Alias engga pake dana gede..bayangin aja, kalo di itung itung, “I’m Watching Yeye Crew On The Behind Camera!” ini bisa dibilang gak ada duit sepeser pun yang keluar.. beli kolor keluaran Calvin Klein terbaru aja mungkin gak nyampe kali..

Isi dari film ini kurang lebih tentang behind the scene film yang pernah yeye crew buat, MEMORANDUM KOSONG SATU dan COKLAT BUAT MURSI.. dua film itu doang yang baru kita buat..


sekarang udah ada di youtube, dibagi jadi 4 part

Kenapa eh kenapa film ini spesial.. karena gue buat film ini dengan penuh dedikasi.. ceilah! Hm, mungkin lo perlu baca postingan gue yang lalu deh supaya lo ngerti, klik disini.

Jadi kejadian sebenernya waktu gue balik ke cilegon liburan semester akhir kemaren. Gue sempet ngobrol gitu ama nenek gue.. dan gue ngalamin kejadian yang excited setiap kali nenek gue ngobrol ama gue..

Nenek gue bilang “kalo pup gak boleh sembarangan”.. loh bukan! Salah, salah! Bukan yang itu.. tapi yang seperti ini dia bilang ke gue pada waktu itu..

nenek: nenek minta sama kamu, sering sering liat jam ya..
gue: kenapa nek? (tampang cengok)
nenek: jangan keseringan terlambat, engga baik.. kita gak bisa ngundur waktu kan?
gue: hah? Oh i.. iya nek..

nenek gue ngomong kayak gitu, terang aja bikin gue penasaran.. kenapa sih? ada apa sih? kok nenek gue yang biasanya kalem, kerjaannya makan-tidur-nonton tipi aja, tiba tiba jadi perhatian gitu ke gue.. emang sih dia perhatian banget ke cucu cucunya (tapi gue sendiri gak ngeh), pernah juga dia nyaranin gue suruh pake behel supaya terlihat seperti anak muda jaman sekarang.. waktu itu gue pikir, nenek gue udah kebanyakan nonton MTV nih!

Seperti biasa, kalo lagi liburan paling paling gue maen gak jauh jauh amat, just nongkrong di warung yahya dari sore nyampe malem.. rada gak jelas juga sih, mau ngapain, sms cewek gak ada yang bales, ngobrol paling cuma ama yahya-nya, kadang kadang ama tukang ojek, dan ditemani angin adem yang seakan akan bilang.. kasian deh lu..

Di yahya, gue kembali mikirin perkataan nenek gue.. seolah olah terngiang ngiang dikepala gue.. dan gue, masih belom tau jawabannya..

Masih di tempat yang sama, di yahya.. temen temen gue mau bikin film lagi.. kalo dulu ada film yang dibuat untuk sekolah kita (SMA Negeri 1 Cilegon A.K.A smancil) yaitu Memorandum Kosong Satu.. sekarang, kita mau buat film tentang cinta..

I mean, about love story! :D

Karena pada waktu itu bertepatan dengan bulan valentine! Hahaha..

Dimana orang orang banyak yang dibuat pusing ama valentine.. kadang kadang bagi yang cewek sibuk beli coklat atau mau bikin coklat sendiri, bagi cowok mungkin pusing juga karena mau beli coklat tapi isi dompet gak cukup dan akhirnya memilih alternatip lain pengganti coklat: BAKSO

Tapi jangan tanya bagi yang jomblo, semua udah tau jawabannya.. dan sebagian orang orang masih aja ada yang ribut soal valentine.. “gue kan anti valentine!”

Well, apapun itu.. kita anak anak yang sering ada di yahya disebutnya yeye crew bikin film tentang valentine kali ini.. judulnya, COKLAT BUAT MURSI..

Cerita di film ini diambil dari kisah nyata sebagian yeye crew.. termasuk kisah nyata gue juga.. huhuhu..

Jadi cerita COKLAT BUAT MURSI ini, menceritakan tentang cowok yang udah putus ama ceweknya tapi mereka berdua masih tetep berhubungan baik (cieeee...!!!)

Si cewek masih sekolah SMA, sementara mursi yang jadi tokoh utamanya udah kuliah.. pada suatu hari, si ceweknya ini ngajak ketemuan dengan mursi dari via sms.. dapet sms kayak gitu, terang aja bikin mursi kegirangan.. mirip tante girang.. hehe..

Kalo dalam kehidupan normal, mungkin ketemuan adalah hal yang udah biasa dilakukan.. tapi di film ini, kita buat engga biasa!

Sebelum ketemuan, banyak rintangan yang dilalui oleh mursi.. dia harus berhadapan dengan kemacetan, bau pasar yang gak sedep, motornya mogok, dikejer kejer anjing, sampe harus naek angkot supaya cepet sampe, dompetnya ketinggalan, dimarahin ama mamang angkot.. tapi akhirnya, nyampe juga ketemu ceweknya yang udah nungguin daritadi.. hal ini melambangkan tentang perjuangan cinta seseorang.. (beudeh! hebat gak bahasa gue?! haha)

Tapi setelah ketemuan.. ceweknya cuman mau ngomong, kalo dia bakalan pindah ke Jatinangor.. iya, jatinangor yang ada di bandung.. mursi keheranan, kok pindah sih?

Ternyata, selain ceweknya pindah ke jatinangor, dia juga udah punya cowok.. jadi ceweknya ini nyaranin ke mursi untuk jangan pernah kembali atau dateng ke kehidupan si ceweknya ini.. setelah mengucapkan kata kata itu, ceweknya ngasih coklat terakhirnya kepada mursi..

DAMN IT!

Bener bener kayak disamber gledek disiang bolong.. tiba tiba cowoknya dateng! Saat itu, mursi gak bisa ngomong apa apa lagi.. selain ngomong dalem hati.. “BANGSAT LO!” dan kata kata kebun binatang ragunan pun keluar.. tapi di script gak ada adegan ngomong dalem hatinya itu.. hehe

semuanya udah di siapin ama yeye crew, tapi cerita pembuatan film ini berkata lain.. KITA GAGAL BUAT FILM INI.. alias filmnya gak rampung.. alias filmnya gak jadi!

gagalnya tuh pas di akhir pengambilan gambar! Padahal tinggal sedikit lagi.. tinggal take terakhir.. tapi ceweknya gak dateng, selain itu waktu shooting cuman tinggal hari itu doang sebelum gue balik lagi ke jogja.. huhu..

jadi gue pikir, daripada sia sia.. mendingan gue bikin film yang lain, yang masih ada hubungannya dengan yeye crew..

Satu hari sebelum gue balik ke jogja, gue kembali buka file file video MEMORANDUM KOSONG SATU lagi.. sumpah gue gak bisa tidur ngeliat video videonya..

Well, akhirnya ide muncul untuk buat behind the scene.. engga, bukan cuman sekedar behind the scene, gue pikir lagi.. kenapa gak sekalian aja bikin behind the scene yang bisa jadi film, yang menceritakan sesuatu! betapa beratnya waktu kita buat film, nemu nemuin masalah, dan hal hal ribet lainnya.. itu yang gue maksud behind the scene yang bisa dijadiin film! Masih jarang banget kan! YA! I’LL CREATE IT!

Sampenya gue di jogja.. gue kembali kepikiran lagi kata kata nenek gue.. “nenek minta sama kamu, sering sering liat jam ya..” dan ternyata dengan cepet gue bisa ngambil kesimpulan.. kita itu hidup dengan waktu yang sejalan dengan arah jarum jam.. engga ada hidup yang mundur.. tapi kita bisa menciptkan waktu yang mundur itu..

Apa itu waktu yang mundur? Yep! Waktu yang mundur adalah masa lalu kita.. kita pernah kayak gimana, kita waktu itu sama siapa, kita pernah berbuat apa, dan sebagainya.. semua pasti terekam dalam memori kita, sekalipun lo punya amnesia atau berkepribadian ganda..

Kamera, menurut gue adalah alat perekam.. ya orang gila juga tau.. maksud gue, kita bisa liat lagi adegan atau kejadian sebelumnya yang kita rekam dengan kemera.. dan film ini, menceritakan tentang itu! bukan tentang kamera.. tapi tentang sebuah kehidupan yang pernah kita alamin.. gue percaya, meskipun kita beda beda.. walaupun kedudukan lo sekarang itu seperti apa, tapi seenggaknya kita tau hidup itu bagaimana..

Engga jauh jauh dari cerita sehari hari kita, tentang persahabatan, tentang cinta, tentang pesta atau hura hura, tentang mimpi mimpi kita buat masa depan, tentang cerita cerita dari masa lalu, dan lain sebagainya..

Dan kenapa gue tag ke semua friends list gue di facebook? Emang seberapa penting sih nih film buat kita? Gue rasa, cuma lo yang bisa jawab.. Gue juga gak mau film ini sia sia, gue juga berhak dong nyari penonton, karena film ini penuh dengan dedikasi, buat nenek gue, yeye crew, dan kepada semua orang yang udah pernah kenal ama gue.. film ini untuk universal, maksudnya buat semua orang, baik yang gak kenal ama gue, ataupun yang masih tanda tanya “siapa sih yeye crew itu?” inti dari intinya sih, film ini dibuat untuk ditonton semua orang! jadi tema yang gue angkat adalah: HIDUP ITU ADALAH SEBUAH FILM.

meskipun berdurasi pendek.. tapi yang pengen gue dapetin setelah lo nonton nih film adalah rasa bangga karena lo hidup.. ya hidup lo dengan orang orang disekitar lo.. ini bukan sesuatu yang kecil..

Well, film kali ini, I’M WATCHING YEYE CREW ON THE BEHIND CAMERA!.. menceritakan bahwa hidup kita itu ternyata adalah sebuah film, lo gak bakalan tau adegan selanjutnya! Sandiwara ini nyata, orang orang disekitar lo adalah peran, bisa juga jadi figuran! Elo bukan penonton.. lo jadi peran utamanya! Karena hidup adalah film yang terbaik dan yang paling menarik melebihi bagusnya film yang dapet piala penghargaan sekalipun..

"CUT!!"

0 Comments:

Posting Komentar

blog-indonesia.com