Jumat, Juli 08, 2011
BIKIN STUDIO MURAH
Ehm.. jadi ceritanya kemarin ada temen gue yang nanya... “eh, elu itu kok bisaan sih foto lo backgroundnya putih polos gitu? Di studio mana nih?”

Ya gue jawab seperti bintang iklan.. “ah cuma pake sampo kok” BUKAN TOLOL!!

Gue jawab: ini tuh dinding.. coba deh di zoom foto guenya

Terus temen gue sempet nggak yakin: ah masa?

Gue jawab lagi: *ngezoom gambar* tuh kan nyong baru tau lo kalo ini dinding.. liat aja bayangannya..

Temen gue baru percaya kalo background ini adalah dinding..

Dijaman yg serba susah ini, emang bikin sesuatunya perlu modal yang cukup guedeee, apa apa mahal.. apa apa mahal.. yang murah? Mungkin cuman kentut yang gratis..

Maka jadi orang kudu kreatif, inovatif, karena keadaan diluar sana makin kompetitif... waaah gue udah kayak orang iye aja nih..

So, what you create of?

Sudah jelas kan postingan kali ini mau ngebahas tentang STUDIO YANG MURAH alias low budget banget...

Gue pernah baca, bikin studio mini pake kardus, yang didalemnya tuh dikasih kertas HVS atau kertas putih yang ketebalannya cukup untuk menutupi gambar kardusnya.. tapi studio gue ini versinya beda hehehe..

Studio gue ini letaknya ya cukup di dalem rumah atau ruangan apa aja deh yang penting cahaya cukup, dan ada tembok yang warnanya polos, bisa putih, hijau, biru, atau apapun..

Ok, here we go...


PERTAMA, lo siapin sebuah ruangan yang nggak usah terlalu lebar, yang penting ada tembok dengan warna yang polos gitu, nggak ada bekas coretan, temboknya datar, dan usahakan jangan keramik.. eh keramik juga boleh sih, biar bagus aja... tapi keramiknya yang unik... setelah itu yang bagian terpenting dari sebuah ruangan adalah LAMPU. Iya cahaya sangat sangat diperlukan walau bagaimanapun juga. Kalau takut over hasil gambarnya, mending pake cahaya manual.. ini bisa dari sinar matahari dan bisa juga dari flash kamernya..



KEDUA. Elo musti musti dan mustiiii siapin KAMERA. Iya tanpa kamera lo nggak bakalan bisa motret dong. kan namanya juga lagi bikin studio yang murah. Kamera bisa apa aja, mau DSLR, manual, atau kamera poket digital biasa. Oiya, khusus untuk manual, usahakan pake blitz atau flash deh.. ya karena minim cahaya toh.. gue sendiri pake kamera poket yg digital..



KETIGA. Untuk yang pengen motret sendiri alias buat self-portait, menurut gue disini TRIPOD itu penting banget. pasti udah tau lah fungsinya buat apa..



KEEMPAT. Gue saranin ini studio emang cocoknya buat foto-foto yang self-portait, untuk foto yang jenisnya still life sendiri lo bisa tambah tambahin apapun sekreatif lo.. dan kalo foto lo udah jadi, tinggal liat hasilnya! Lo bisa ngedit foto lo di software komputer seperti Photoshop, Photoscape, dll..

Memang sih, minim cahaya jadi kekurangannya disini.. bagi elo yang punya lampu cahaya studio sih gak apa apa.. lah kita kan mau buat studio murah, dan kalo kata gue sih ini adalah studio pribadi gitu..

Inget, Ga perlu takut sama ketidakadaan budget. Ide ga melulu soal budget... seperti misalnya masalah utama yang dihadapi adalah lampu/minimnya cahaya. Bisa lo akalin pake apapun.. nggak punya tripod? Ya lo bisa pake meja atau kursi atau benda apapun yang bisa dijadiin tripod.



So, masih takut nggak berhasil? Dicoba dulu deh... gampang kok :D

Dan gue yakin, pasti ide gue ini juga udah ada yang pernah bikin atau ngelakuin? Who knows? Hehe..

YUK, MOTRET!

beberapa foto hasil dari "studio" gue hehe.. (narsis yah..meni geblek!)






0 Comments:

Posting Komentar

blog-indonesia.com