Senin, Juni 06, 2011
Alasanku
Menurut gue, seni itu keindahan.. dengan seni kamu nggak akan lagi sendirian.. dan seni bisa membuatmu bahagia atau senang... dan seni adalah segalanya...

Orang yang nggak suka seni, ya gue sih nggak nyalahin tuh orang.. tapi plis deh, lo harus suka dengan seni, karena seni itu kebahagiaan yang akan kamu temukan. Seni bukan hanya tentang teater, bukan hanya tentang lukisan, tarian, foto, film, atau apapun yang ada di pikiran lo...

Seni itu.. seni itu sesuatu yang nggak bisa lo ungkapkan dengan kata kata.. karena seni adalah bagian dari kehidupan yang mungkin elo sendiri nggak sadar...

Kenali seni.. dan cintailah seni itu..

Seni bisa baik, seni juga bisa buruk.. dan seni itu sangat sangat berbeda dari apa yang kita pikirkan.. pokoknya seperti yang udah gue bilang, seni itu nggak bisa diungkapkan.. seni itu bukan hanya tentang penglihatan...

Mencintai seni dijamin umurmu panjang, karena seni itu abadi meski nanti hilang di makan jaman. Bukan uang yg mengaku dewa

Gue? gue sendiri sedang memahami seni itu.. gue mencoba untuk membuat film tentang gue sendiri.. yang pemainnya adalah orang orang disekitar gue.. dan inilah film gue, inilah seni gue..

Pernah ada orang yang ngomong ke gue: “film lo belum jadi, selesein film lo sendiri, film yang lo sendiri nggak tau kisahnya seperti apa, film yang skenarionya benar benar ada di depan mata lo sendiri..itulah film lo yang sebenarnya.. gue mau nonton film itu, dan yang pasti orang-orang juga udah nggak sabar melihat film lo”

Dan memang, film gue belum selesai dibuat.. film gue untuk saat ini adalah bersambung.. bakalan ada sekuel selanjutnya.. bakal ada satu kisah yang pemerannya sama, tapi dengan kisah yang berbeda dan nyambung dari kisah selanjutnya..

Film memang salah satu seni yang terbesar yang pernah dimiliki seseorang... sama seperti film, seni bisa berubah ubah.. hanya kesenian yang tau bagaimana dia harus berubah.. dan film juga yang harus diubah.. agar endingnya tidak mengecewakan penonton..

Dan memang seni itu bunga, sementara kita yang melihatnya adalah lebah. Dan harus hati-hati bila ingin menyengatnya.

Selama ini, film gue telah salah dan meragukan niat dari seni itu sendiri.. film gue nggak sama dengan seni yang seharusnya... FINE! Karena itu tujuan gue dari awal, setiap film gue ingin terlihat berbeda.. gue nggak mengaku kalo gue ini adalah idelalis.. siapa sih gue? bikin film aja masih otodidak dan sukanya memang suka suka gue...

Seni juga telah membuat gue cemburu.. hehe terkadang cemburu itu diperbolehkan untuk satu waktu.. hanya saja pencemburu itu harus mengerti keadaan, dan menyikapinya dengan dewasa, bukan seperti anak kecil..

Gue suka seperti anak kecil.. tapi bukan berati sikap gue seperti anak kecil..

Makanya, sekarang gue nyesel.. kenapa gue menggampangkan pelajaran kesenian dulu di bangku sekolah.. seni mengajarkan kita dewasa.. seni mengajarkan kita sebagai manusia bahwasannya harus berubah..

Sekarang, nggak terbayangkan seandainya seni itu pergi dari kehidupan ini.. karena film yang bukan tanpa seni, adalah film yang kosong.. tanpa makna, dan tanpa akhir yang nantinya akan mengecewakan penonton..

Dan seni membuat kita sama-sama belajar bagaimana seharusnya menyukainya, bukan memperhatikannya... seni harus di jaga keindahannya, bukan malah mengecewakannya.

Seperti apa yang di ungkapan oleh Sheila On 7 pada lagu Alasanku..

Kau alasanku untuk dewasa
Dan aku tak ingin kau terluka
Segenap jiwa akan ku jaga
Keindahanmu

Sampai saat ini, dengan baju yang sama yang gue pakai saat berjumpa dengan seni, gue mencoba naik ke tangga lagi.. disana gue harus memahami apa yang seharusnya gue pahami tentang seni... gue yang memilih seni gue, dan seni jugalah yang memutuskannya.. bersikaplah seperti seni yang belum tentu semua orang memahami seni.. Dan memang, film gue belum selesai dibuat..

Menepis sejenak denganku
Bahagia slamanya denganku...
1 Comments:
menurutku hidup itu adalah seni,
karena hidup adalah bagian dari seni yang diciptakan Tuhan :)

Posting Komentar

blog-indonesia.com