Rabu, Desember 08, 2010
Euphoria & Elation
"Indonesia pasti megang piala AFF tahun ini!!" teriak salah satu temen kosan gue. Lucu sih hehe soalnya unik aja, pas timnas sepak bola Indonesia melawan timnas sepak bola Urugay, kita dicukur abis, 7 – 1 :) eh doi malah langsung ngajak gue makan di luar, padahal permainan baru berjalan setengah dari menit kedua hehe..

Sekarang, di piala AFF ini giliran kita yang mencukur habis semua lawan kita. Mulai dari harimau (Malaysia), bumbu dapur (Laos), sampe gajah (Thailand).

Temen gue pun ikut senang. Bayangkan, dia cuman jadi penonton, dia gak ke GBK tapi nonton di televisi berukuran 14 inchi. Belom lagi masalah antena yang kadang rucek. Hehe

“demi Garuda!! Gak apa apa deh tugas nanti dulu!!” kata dia sebelum pertandingan lawan Thailand kemaren. Sampe segitunya ya?

Tapi menurut gue, gak cuman sepak bola, gak cuman piala AFF. Tapi sepertinya semua cabang olahraga menjadi semangat bangsa ini. Bayangin aja, waktu Taufik Hidayat gagal ke semifinal Piala Thomas waktu itu, temen gue kecewa. Pas ada kabar di Asian Games, tim Perahu Naga Indonesia meraih emas berkali kali di ajang tersebut, temen gue heboh. Sampe di kaskus.com katanya masalah ini pun dibahas, well itulah masyarakat negeri kita ini.

Euphoria yang tak tertahankan. Kata salah satu lirk lagu The Upstairs. Memang benar, agaknya dengan kemenangan berturut turut di piala AFF ini, serta kemenangan pertama sejak 12 tahun dengan Thailand, agaknya ini menjadi oase di tengah gurun pasir.

Indonesia saat ini sedang kacau. Gue sendiri bingung mau ngomong apa tentang Indonesia. Banyak yang gak ngerti dari negeri ini.

Masih banyak perang, bencana dimana mana, korupsi masih buanyaaak, belom lagi sistem demokrasi yang sampai saat ini sulit berjalan sebagaimana baiknya, teror masih mencekam, uang masih tinggi nilainya ketimbang bendera merah-putih, itu terjadi di negeri ini. Dan masih banyak lagi. Kayaknya, kurang enak juga didenger ya.

Dan tadi malam, sepertinya kita bangsa Indonesia menemukan obatnya. Paling tidak, obat pereda. Indonesia vs Thailand di piala AFF, dengan kemenangan Indonesia. Yah, pembuktian, sejauh ini Indonesia main 100% kemenangan di ajang ini.

Supporter pun seneng. Terhibur. Rakyat Indonesia pun tersenyum :)

Dimulai dari nyanyian gemuruh di GBK, menyanyikan Indonesia Raya. Mau itu batik, orange, biru, hijau, merah, atau putih. Semuanya satu bendera. Semuanya menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya.

Indonesia memang tertinggal lebih dulu, bahkan kita tidak melihat permainan yang bagus saat melawan Malaysia dan Laos, seperti melihat “garuda yang cemen”.

Tapi setelah itu, kita melihat pasukan timnas bangkit. Indonesia gak mau bertahan terus. Dan terlihatlah permainan yang sebenarnya. Dua penalti itu terjadi berkat permainan tim yang sangat impresif, sangat menekan, dan menekan.

Kemenangan itu, ternyata membuat dunia melihat Indonesia. Pemain bola Babel, Rio Ferdinan, dan pastinya seluruh dunia melihat Indonesia. Bayangin aja, nama BEPE, SUYONO, GBK, sempet menguasai trending topic di twitter. Artinya Indonesia dilihat oleh dunia.

Emang ada benernya kata Bepe: "cara kita memandang Indonesia mungkin tak sama. Satu yang pasti, saat bangsa ini menangis, kita menangis & saat bangsa ini bahagia, kita pun sama"

Yah, sekarang kita cukup tenang, Indonesia mulus jalannya di AFF tahun ini, dan bersiap melawan runner-up grup B.

Gue yakin, kita adalah RAJA kali ini. Kita siap untuk membawa pulang piala AFF. Kita siap memegang piala AFF ini. Terlepas dari kekuatan lawan lawan yang akan dihadapi, Indonesia gue yakin menang, meskipun bukan tahun ini, mungkin nanti kita bisa menang, asal kita mau sabar dan optimis.

Well, untuk saat ini, mari kita tersenyum melihat keberhasilan ini, tersenyumlah Indonesia!
1 Comments:
Anonymous gonfrix said...
Kita doa'in ja sama2 biar juara

Posting Komentar

blog-indonesia.com