Senin, November 01, 2010
Pray

Sebelumnya gue turut prihatin kepada korban bencana alam yang ada di Indonesia, all! mulai dari gunung-gunung meletus, tsunami, gempa, banjir, dan hal buruk lainnya..

Oke folks, about topic..

Doa, apa sih doa? mungkin udah banyak arti doa, kita bisa search di google, tanya tanya sama pemuka agama, atau lain sebagainya..

tapi untuk gue sendiri, Doa adalah merupakan bentuk dari perminta tolongan, ampunan, serta harapan untuk personal, orang banyak, atau terhadap apa saja yang sifatnya langsung pada Tuhan, namun perlu berusaha untuk mewujudkannya.. kalau salah, ya that's just my opinion, tolong dibenarkan :)

Anyway, kemarin gue baru turun dari tempat pengungsian gunung Merapi di Kaliurang km 20 (lebih), terus ngedatengin posko Merapi juga.. apa yang gue temuin disana? di tempat pengungsiannya, gue ngeliat beberapa orang yang kasian banget, banyak anak kecil yang nangis, rewel, dan bawel karena kepanasan atau kelaperan mungkin. dan banyak orang yang sudah lanjut usia, mata mereka miris banget, dan sesekali mereka menatap para pengunjung seolah ingin menceritakan semua yang terjadi..

Melihat mereka, gue jadi inget kejadian kejadian yang menimpa indonesia beberapa tahun terakhir ini.. termasuk tsunami Aceh yang tahun 2006 silam.. mungkin seandainya kalo gue jadi mereka, ya gue bakalan seperti ini.. apalagi inget kan bulan ini merupakan bulan alert bagi umat manusia, bahkan seluruh alam di bumi ini sedang kacau..

Oh my.. pray for the earth

Dari pertama berangkat, naik mobilnya reza, gue liat.. debu udah duluan ngotorin mobilnya reza ;p

Karena sehari sebelumnya, semua jogja ketutupan abu vulkanik, di jalan Kaliurang itu udah kayak di Rusia, kayak salju banget dah! hahaha.. bauu banget belerangnya, jadinya setiap mau keluar rumah harus pake masker.. ahh bikin sesak napas :(


pray and then smile for indonesia. lomo wall untuk Indonesia

Oiya kemaren kita sebenernya dari lembaga independent kampus gue, jadi lembaga yang gak resmi, ibaratnya genk-genk-an kita lah! hahaha ada gue, reja (driver), momot, shanaz, dan rika. jadi semuanya ada 5 orang di mobil Swift yang akhirnya kita duduk desak-desakan! hahaha..

ya walaupun kita bawa barang bantuan hanya sedikit, tapi lumayan meringankan beban mereka.. mau gue sebutin barangnya? MAKANAN. karena gue pikir makanan lebih penting buat mereka, ada susu bayi, makanan bayi, cemilan, beras 1/2 kilo, dan tidak lupa dan tidak lain adalah 1 kardus indomie! hahaha.. pas nyampe sana ternyata kardus kardus indomie udah banyak banget... kayaknya mereka udah gak perlu indomie lagi deh, lebih ke nasi atau sayuran, kalo makan indomie terus ya keriting perut mereka hehehe.. tapi itulah yang kami bisa lakukan :)

Well, setelah kira kira 45 menit perjalanan (macet booy!), akhirnya kita nyampe juga di tempat, agak susyee nyari tempat parkirnya.. parkir disini, gak boleh. parkir disana, gak boleh. Lama lama aku bosaaaan..

dan pas dapet parkiran, akhirnya kita turun dari mobil, debu pekat langsung menyerang kami semua.. untung kita pake masker! hehehe..

oiya, biar lebih leluasa ngasih bantuan dan biar bisa nemuin para pengungsi ditempatnya, kami semua pake almamater UGM! hahaha.. agak sedikit nyamar sih, dan boongin para petugas disana dengan berbagai alesan, dan menunjukan almamater serta KTM kami hihihi. maap ya pak petugas, abisnya kami ingin sekali membantu para pengungsi itu.. we are sorry :)

Setelah kami nyampe ditempat pengungsian, akhirnya kami nyebar.. gue berdua sama momot, takut dia ngilang diterpa Merapi wkwkwkwkwkw...

Ada kejadian yang menurut gue entah kebetulan atau gak, yang pasti ini excited banget buat gue, gue ngeliat di pojokan gedung pengungsian ada kakek-kakek yang bengong melulu.. terus gue tanya, kayaknya kakek-kakek itu gak ngerti bahasa indonesia, tapi karena momot ngerti bahasa jawa dan memang orang jogja asli, akhirnya dia jadi translete gue..

gue: kek, anda gak apa apa?
momot: @#@#$#$#$#$# <-bahasa jawa, gue gak ngerti..
kakek: $%#@%#%#%#%@
gue: apaan katanya mot?
momot: jangan tanya saya sedang apa.
gue: lho? memangnya kenapa kek? tenang saja, bencana ini akan segera berlalu.. dan kakek mungkin bisa kembali lagi ke rumah
momot: $%$%$#%$#^#^
kakek: %$#^%&&$@$%@#%@#%#@$%#@
momot: oooh, katanya dia, Merapi sudah mengamuk, orang-orang semakin kacau, saya tidak lagi memikirkan selamat atau tidak, harta benda saya juga sudah tidak tau mau diapakan lagi, yang penting mudah-mudahan amal perbuatan semua manusia diterima disisiNya.
gue: *tertegun*

what the hell about this? Well, gue bener-bener tertegun, bengong, dan gak abis pikir, semua pertanyaan gue yang pingin gue tanyain sama kakek itu jadi hilang.. semuanya sudah terjawab sebelum gue tanya sama dia..

Lebih dari kata kata orang orang di #prayforindonesia di twitter.. sekalipunitu justin bieber yang nulis, tapi gue sangat like this sama perkataan kakek ini.. yang diucapkan dalam bahasa jawa.

Ini serius! alert!

Yaudah gue gak bisa berkata apa-apa lagi.. selanjutnya gue cuma bisa bengong melihat mereka yang berada di pengungsian, momot sama gue cuma bisa keliling keliling.. momot masih nanya nanya ke pengungsi, dan gue cuma bisa diem..

Setelah jam menunjukan 15:40, kami semua akhirnya berkumpul di mobilnya reja lagi.. tadinya kita mau kayak wartawan, meliput kejadian sampe atas! hahaha.. tapi mobil umum gak boleh masuk ke atas lagi selain wartawan TV, relawan resmi, TNI, POLISI, dan para petugas evakuasi. kami kan gak punya ijin, hanya almamater yang jadi tanda kita adalah relawan... well, relawan gadungan! wikikikikik...

tapi sayang, gue gak bisa mengabadikan kejadian ini.. karena gue gak bawa peralatan dokumentasi.. kamera gue analog, tar kalo kena debu bisa berabe! terus tempatnya juga gelap.. pake handycam apalagi, gue gak punya pembungkusnya, satu satunya kamera hanya kamera DSLR-nya reja sama shanaz, itu juga diperiksa setelah kami hendak pulang sama petugasnya.. untung gak bayar.. wah bener bener ketat uy disana..

Tapi kayaknya kita bakal balik lagi kesana, karena dari FEB sendiri gue gak tau pasti udah ngirim bantuan apa belum atau gak sama sekali? gak tau.. tapi yang pasti kita bakalan ikut bareng, karena kami sudah men-survei tempatnya..

Oiya, dari IKPMC (perkumpulan mahasiswa jogja asal dari cilegon) sendiri akan ikut menyumbangkan sebagian dana kita masing-masing, dan kalo IKPMC ke Merapi, gue pingin ikuuuut lagiiii!! hahaha

Sekedar sharing aja, kalo kalian ingin ke Merapi, diharapkan pake masker, jaket, dan buat yang punya asma, lebih baik jangan ikut.. take care guys!

notice: I'm from Indonesia and I hope people in here can get well soon. no matter how complicated this country is, I pray to God to bless this. Amin.
0 Comments:

Posting Komentar

blog-indonesia.com