Jumat, Agustus 06, 2010
LOMOTION Dan Si Mesin Waktu (Episode ke 5)

Dalam beberapa hari ini temen-temen di firefly mulai nunjukin persiapan mereka dalam pembuatan video clip mereka.. tapi pembuatan video clip mereka ini dengan cara lomotion, tapi tetep aja bakalan jadi video clip yang seru..

Yap, gue bilang ini adalah.. “video clip yang seru”

Dibantu juga orang orang sekitar, termasuk dari client, FIREFLY band, salah satu band dari Cilegon.. video ini dibawah nama LAGINELUR HOMEMADE yang akan membuat my first video clip.. dan mungkin juga video clip pertama untuk band firefly..

Anyway.. kemaren gue dapet komentar dari temen gue yang rajin baca blog gue.. dia tanya, LOMOTION itu apasih? Makanan jenis baru?

No.. no.. it’s big big no..

LOMOTION itu bukan jenis makanan baru, bukan merk kolor, bukan nama alien..

Oke, di episode kali ini.. gue mau nyeritain sekalian ngejelasin about LOMOTION dan persiapan shooting bersama firefly pas gue balik nanti.. IYAY! TINGGAL 1 MINGGU LAGI DARI SEKARANG GUE BALIK! I’M COOOMIIINNGGG!!!! HAHAHA...

Mungkin diantara lo ada yang belum paham apa itu LOMOTION.. kalo kita google-ing, arti dari lomotion itu sendiri macem macem.. LOMOTION di singapura adalah suatu perkumpulan, mungkin kalo di sini namanya KLASTIK.. ada juga yang nyebut LOMOTION itu artinya Motion with Lomo, jalan jalan bersama lomo dan jepret apa aja yang kita temuin selama kita berjalan... dan macem macem lainnya...

Sedangkan LOMOTION menurut gue adalah sebuah singkatan, yaitu Lomo Motion.. cara membuat video stop motion dengan menggunakan kamera lomo..




Masih belom ngeh?

Gini deh, stop motion itu artinya pengambilan gambarnya frame-by-frame, biasanya kalo jaman sekarang pake foto digital.. stop motion juga termasuk ke genre animasi (setau gue, sori kalo salah hehe..).. tapi bedanya dengan animasi lainnya adalah dari teknik pengambilan gambarnya, jadi si model sekali gerak di foto, sekali gerak di foto... modelnya bisa apa aja, manusia mungkin sedikit susah kalo menggunakan stop motion ini.. kalo modelnya berupa benda mati seperti clay (lilin), lego, atau apa apapun itu akan lebih mudah..

dan yang ngebedain sama video dari handycam atau kamera video lainnya dengan stop motion: kalo di video dari handycam pergerakan tiap tiap adegan sangat halus.. tapi kalo stop motion akan keliatan seperti pergerakan yang patah patah..

contohnya klik disini deh

biasanya gue menggunakan foto digital atau DSLR dalam membuat stop motion, tapi kebetulan gue nemu ide lain.. menggunakan lomo.. ya, memang membuat stop motion dengan lomo membutuhkan biaya yang gak sedikit.. bayangin aja, untuk beli 1 roll film plus scan kurang lebih kita harus nyiapin budget diatas 20 rebo..

kenapa gue tetep menggunakan lomo? Pertama karena gue ngeliat hasil foto yang menggunakan lomo, ternyata.. amazing! Bener bener hebat.. kedua, lomo is fun! Gue suka melakukan hal yang menurut gue itu fun... pekerjaan misalnya, gue mau pekerjaan yang membuat diri gue fun melakukannya..

dan setelah lama gue kenal sama kamera ini.. gue berniat mau beli kamera ini dan segera bergabung dengan komunitas lomo di jogja ini.. kebetulan ada temen gue yang sangat addict terhadap gadget satu ini.. dari dia gue dapet pengetahuan yang cukup banyak tentang si lomo ini.. selain itu, gue browsing browsing juga dari internet.. hehe..

selang waktu yang cukup lama... gue ketemu sama Bogel di rumah makan..

gue: gel, gue mau buat project baru nih..
bogel: apaan emang peng?
gue: stop motion pake lomo!
bogel: kok lomo? Kenapa gak pake digital aja?
gue: foto dari lomo keren keren soalnya! Haha..

dan 1 minggu setelahnya, bogel dateng ke kosan gue dan nunjukin kamera lomo yang dia beli.. di depan mata gue terlihat dengan “gagah” KAMERA LOMO HOLGA 35BC

tanpa tedeng aling-aling, gue langsung ajak si bogel ini kerja sama.. ya, kerja sama untuk pembuatan project gue ini..

gue sebut ini LOMOTION, karena ya tadi itu.. membuat Stop Motion dengan kamera lomo.. karena begitulah cara gue nyebutnya..

semua gue siapin, dari alur ceritanya, storyboardnya, storylinenya juga, properti, model, biaya yang harus dikeluarkan, manfaatnya, dan untuk siapa video ini?

Dan gue harus berterimakasih sama RERE, dia ngasih peta untuk tempat tempat yang sekiranya view-nya bagus dan keliatan gak terlalu “Jogja banget”.. tadinya gue sempet berpikir mau ngambil view jogja, agar terlihat jogja banget.. tapi setelah gak sengaja gue dengerin lagunya FIREFLY, gue jadi punya pikiran lain tentang mau ngebuatin nih videonya.. kenapa? Lagunya termasuk cocok untuk video ini.. well, akhirnya dari tadinya hanya sekedar ingin bikin video, sekarang berubah jadi bikin video clip...

yaah sekedar nyobain hal baru dari kamera lomo.. dan menunjukan semangat don’t think, just shoot

Sekaligus gue dedikasikan kepada mereka yang punya kamera lomo, bahwa kamera lomo itu adalah kamera yang akan terus mengesplorasikan ide kamu, ekspresi kamu, dan kreatifitas kamu.. dan kamera lomo itu seakan akan bilang.. “hey! Aku adalah hidup! Ajak aku bermain, dan aku akan memotret apa saja yang kamu liat!”



Well, that’s my reason.. meskipun itu bisa terjadi bukan hanya dari kamera lomo..


Karena di video ini gue masih dalam tingkatan ‘mencoba’ jadi gue belom make teknik atau trik apapun.. kayak redscale, leak light, filter ini filter itu, atau apapun itu.. gue cuma beli roll film, pasang di holga, dan jepret..

Tapi gue juga perlu memperhatikan keadaan, karena disini kebanyakan outdoor, jadi gue perlu merhatiin cuaca, keadaan sekitar, bahaya apa saja yang ada di jalan, dan lain lain..

Perlu diperhatiin juga masalah settingan, antara sunny dan cloudy, gue dan bogel masih sering keliru..

But hey ya! Hasil foto-nya sebelum di scan membuat gue dan bogel bener bener bikin penasaran! Itulah serunya..

yang jelas, konsepnya (baru sekarang ngomongin konsep! daritadi nulis apaan.. -.-) ehm, konsepnya sederhana tapi modern.. agak vintage dan full of grass! Kenapa? Karena gue pingin nunjukin save earth.. love earth lebih penting di nomer tiga setelah keluarga dan yang pertama, Tuhan YME (yeah! first!)

dan konsep yang kedua, dari full of grass, kita pingin nunjukin bahwa keharmonisasian itu sederhana bentuknya..

Anyway, di video ini meskipun gue pake software.. gue tetep gak membuang rule of lomography.. no editing sama sekali! Kecuali gue crop dan gabungin satu satu foto untuk jadi stop motion.. gak ada efek tambahan.. gak pake Photoshop atau Lightroom.. semuanya merupakan gambar asli dari scan filmnya..

Sekarang about story..

Ceritanya sederhana banget, Spokat Butut (men) sedang berjalan-jalan menemui White Shoes (girl)

Pernah gak ketika lo pacaran, mungkin ketemuan adalah hal yang biasa dilakukan.. tapi tau gak maknanya?

Bertemu dengan seorang pacar atau kekasih, merupakan hal yang sedikit kita lupakan maknanya, pernah gak lo kebayang kalo suatu saat lo gak bisa lagi ketemu sama pacar lo.. apa yang terjadi? salah satu akan ada yang kecewa..

toh kebanyakan dari kita bilang cinta itu adalah sesuatu hal yang harusnya medatangkan kebahagiaan dan juga kenyamanan.. bertemu dengan pasangan kita yang disebut pacar, adalah suatu hal yang membuat perasaan kita bahagia.. membuat kita merasa nyaman jika kita bertemu dan ada disamping orang yang mencintai kita dan kita juga mencintai dia...

dan pernah gak disuatu saat lo lagi nunggu seseorang itu? tapi yang ditunggu lama sekali.. dan lo cukup kesal.. tapi tau gak? Sesuatu atau seseorang yang lagi lo tunggu itu sedang melakukan hal lain untuk nyoba ngeyakinin dirinya bahwa dia mampu ada disamping lo dan bisa membuat lo nyaman..

THAT’S IT! Semua pesan itu yang pengen gue sampein di video ini..

sesuatu hal yang romance bukan?.. sesuai dengan judul lagunya YOU. Seperti itulah yang gue tangkep dari isi lirik lagunya.. mengungkapkan tentang isi hati seseorang yang dicintainya.. simpel, tapi luas banget maknanya..

Gue gak lebai, gue gak boong.. gue jujur dengan apa yang gue tulis diatas.. karena itulah menurut gue..




Soal kenapa gue pilih sepatu sebagai model? Mungkin kita juga sedikit melupakan ini.. sepatu gue anggep disini adalah alas kaki.. hanya alas kaki.. ya coba aja lo bayangin, masa mau ketemu sama gebetan, penampilan kita gembel gak pake alas kaki.. kayak mau ke kamar mandi aje..

Sebenernya bisa aja gue pake swalow atau ardiles mungkin.. karena begini, gue pikir sepatu itu ada dua jenis.. sepatu buat cowok, dan satu lagi sepatu buat cewek.. keduanya beda banget kan?

Whatever you know, kalo kita liat di etalase, sepatu cowok kalo dipasangin sama sepatu cewek, akan terlihat seperti berpasangan.. ya sesederhana itu sih.. alasannya karena sepatu itu ada dua jenis.. itu aja..

Well, di video ini gak melulu tentang sepatu kok. Nanti juga ada bagian dimana pasangan-pasangan menunjukan keharmonisasian mereka sambil nulis lirik di bagian reff-nya.. dari yang kakek-nenek, mamah papah, anak-anak, sampe yang seumuran sama kita juga ada..

tujuannya adalah untuk menyampaikan pesan bahwa cinta atau kasih sayang itu sebenernya sederhana dan harmonis..gak perlu repot, dan jangan di bikin repot.. masalah tidak cocok, atau masalah masalah lainnya, itu adalah cobaan..

hidup tanpa cobaan, ya garing... karena itulah hidup, cinta juga bagian dari hidup.. so, enjoy for your life.. because life is love, love is life.. life and love, it is hello, enjoy, thank you, and goodbye..

mencapai cinta yang harmonis itu sebenernya mudah diucapkan, tapi sulit dilakukan.. karena begitulah seharusnya..



pokoknya masih banyak ide ide gila lainnya yang belom terpikirkan lagi deh! Hahaha..

Well... anyway, video clip ini mudah-mudahan jadi video clip yang seru.. karena itu tujuan gue.. bukan video clip yang asal nyambung sama lirik dan musiknya.. sekali lagi, video clip ini seru..

Aming soon.. eh, coming soon..
0 Comments:

Posting Komentar

blog-indonesia.com