Senin, Juni 21, 2010
LOMOTION Dan Si Mesin Waktu (Episode ke 2)
Sudah hampir seminggu ini gue di terpa badai UAS, sebuah badai dalam dunia kemahasiswaan. Sungguh saya tidak suka akan datangnya badai UAS ini my friend <--ditimpuk sepatu!!

Ehm, anyway ngomong ngomong soal sepatu, kemaren minggu, tepatnya tanggal 20 juni 2010. gue kembali lagi shooting atau nge-take foto dengan menggunakan lomo holga. Yap, gue kembali lagi shooting pengambilan gambar untuk video clip salah satu band dari Cilegon, Firefly.

Sejak postingan ini gue tulis, alhamdulillah udah nyampe 60%, dan sisanya akan dilanjutkan insaoloh selasa besok, tapi tergantung sikon juga sih.. gue masih ada kuliah atau UAS nyampe hari Rabu besok.

jadi kemaren gue ngabisin 5 tempat/5 scene atau yang lebih tepatnya 5 daerah shoot yang gue ambil dari 4 roll film yang gue pake kemaren.

Walaupun adegan serta naskahnya udah gue susun sedemikian rapihnya, tapi tetep aja kali ini gue shoot dari tempat yang beda beda, maksudnya gak tersusun rapih sama kayak di naskahnya.. ada bagian yang di loncat loncat, kayak misalnya gue udah minggu ke 4 ini gue malah baru ngambil bagian awalannya.


apakah ini? kita tanya galileo! hehe kita bakalan tau nati di video-nya!


Permasalahannya banyak, karena kali ini juga gue menggunakan kamera Lomo Holga, otomatis gak ada yang serba digital, semua manual, semua tergantung pencahayaan dan situasi di TKP hehe..


Misalnya, di naskah adegan awalannya itu tempatnya indoor, nah kemaren gue kekurangan cahaya banget! makanya gue aktifin aja terus Bulb-nya, hasilnya? agak burem :(

Udah gue kasih tau, gue gak cuman sendiri, gue juga dibantu sama Boghel temen gue.. posisi dia disini adalah ngangkang.. haha ya gak lah!!! dia gue jadiin pengarah kamera-nya disini! jadi posisi posisi angel kamera ya dia yang ngatur..

Permasalahannya sekarang adalah, sepatu atau bahasa gaulnya: SPOKAT!

kenapa?

BAU!

iya bau! sepatu ceweknya itu yang gue kasih nama di video ini adalah White Shoes, gak di cuci cuci selama 1 bulan! ya jelas aja bau..

Kemaren juga pas ngambil adegan ke 3 di sekitar Tamsis, gue gak abis pikir.. selalu aja ada halangannya!

ANJING. iya gue paling takut sama anjing, kalo gue ketemu anjing atau si anjing cuman sekedar say hello aja gue langsung teringat pada kejadian yang menimpa diri gue di Bandung 1994 silam. saat gue masih duduk di bangku TK nol kecil (kayaknya). Gue udah lupa ceritanya kayak gimana, yang jelas waktu itu gue lagi liburan di rumah Ua gue.. gue lagi jalan sendiri mau ke warung beli ciki, terus tiba tiba dari belakang di kebiri abis abisan sama anjing. Anjing tipe anjing polisi gitu deh pokoknya, item, serem, dan kalo lagi diem dia suka melet melet..

O iya, waktu rumah gue masih di Serdang juga gue sering banget di kejer anjing! entah karena gue bego atau gimana, yang jelas tiada hari tanpa di kejer anjing! Waktu itu malah hampir nabrak sepedahnya om satpam komplek!! huhuhu..





Balik lagi ke adegan, akhirnya.. gue gak jadi milih adegan di Tamsis, selain banyak anjing, gue pikir pikir nih tempat gak bakalan nyambung ke videonya tar..

Akhirnya, sebagai pengganti dari Tamsis, gue pilih di Jalan Mataram! anyway, bagi yang tinggal di Jogja, pasti tau jalan mataram itu banyak toko-toko yang ngejual barang barang yang unik! misalnya, jualan perangkat golf, di situ juga ada toko musik, ada toko sepatu (sepatu graffity). nah gue jadiin toko musik itu sebagai pengganti Tamsis tadi.. tempatnya bakalan cocok, karena view-nya juga cocok sama video-nya nanti..


partner gue, dia ini bertugas sebagai pengarah kamera


Anyway, sampai saat ini masih banyak yang nanya.. apa sih Lomotion itu? kalo kita google-ing, yang keluar macem macem dari kata kata Lomotion itu sendiri.. ada yang artiin sebagai majalah lomo, ada yang artiin semacam festival, atau macem macem..

Tapi gue sendiri, dengan absurd-nya mendefinisikan Lomotion itu sendiri adalah Lomo Motion, yang artinya bikin gambar bergerak dengan Lomo atau bikin stop motion dengan menggunakan kameranya Lomo. Hanya untuk lomo tertentu saja sampai saat ini yang gue pikir bisa dijadiin stop motion, Holga salah satunya dan Diana F+ atau Diana Mini salah duanya.. Smena juga bisa, yah.. pokoknya yang berlensa tunggal.. untuk action sampler atau supersampler atau sampler sampler yang lain gue rasa masih belom bisa.. atau belom ada ide? gimana kalo kamera fisheye lomo juga dijadiin stop motion? who knows..




karena sampe sekarang, gue masih pilih kamera holga sebagai yang the best dalam pembuatan stop motion atau lomotion.

capek, pegel, lemas, letih, pegel linu.. itu lah sebagian efek pembuatan lomotion ini kemaren.. huhuhu..

but keep movin on! hahaha.. alias gue bakal rampungin video ini. Masih 60% kok, jadi sabar aja hehe..

gaya mesum dulu ah.. ;p
0 Comments:

Posting Komentar

blog-indonesia.com