Rabu, Mei 26, 2010
Yang Penting JEPRET!
Ehm, mulai saat ini gue kembali lagi dengan postingan yang enteng aja deh hehe. Kembali jadi nulis nulis diary.. bukan! bukan diare di bacanya! diary..

Well, karena kemaren gue baru aja dapet masukan dari temen temen gue yang sering baca blog gue. Thank you y'll :)

Kata mereka dua postingan sebelumnya gue hanya menulis yang berat. Serta panjang. Well, gue cuma ngeluarin apa yang ada di otak gue. just for it I write, guys :)

Terus juga temen temen gue yang terutama temen online gue, pada bilang.. "kemana aja lo!" hehe terutama si Angga yang kuliah di Binus Jakarta tuh bilang gitu di twitter gue. hehe bukannya gue sombong, tapi emang gue lagi banyak kegiatan sekarang.

Kegiatan di luar kampus dan pelajaran.

gue lebih asik di hobi gue yang sekarang. bikin film atau video. dan ini kayaknya bukan sekedar hobi..

Udah hampir sekitar 2 bulanan ini gue berkecimpung di dunia Lomo. Pertama kali pake lomo yang Holga 135 BC. Pertama kali nyoba gue pake film fujifilm B/W. Dan akhirnya udah lama ini juga gue jatuh cinta sama Diana F+.. hasil jempretannyaaa... ASU REK! hahaha maksudnya bagus banget! love you full.. muaaachhh.. tapi untuk dapet gambar yang keren, dibutuhin juga ke-detail-an dalam menggunakan kamera Diana F+ dan roll film superia yang lumayan mahal..



pertama kali nyoba LOMO, B/W. lokasi di benteng Vredeburg, Malioboro.


Loh kok malah lomo? lomo bukannya buat poto poto ya?

eits.. nanti dulu coy..

setelah sekian lama.. gue berkelana bak roma irama.. ke gunung, atas bukit, dan yang terakhir.. ke TOILET..

ehm, udah lama ini gue coba ngobrol ngobrol sama beberapa temen di komunitas lomo di jogja ini.. dan akhirnya gue dapet satu jawaban.. masih sedikit video yang menggunakan LOMO. selama ini pake DSLR sih udah biasa, bikin film atau video pake handycam juga udah bukan rahasia lagi. tapi pake LOMO? kita masih jarang banget!

jalan satu satunya adalah bikin stop motion. pas gue search di youtube juga, ternyata ada yang menggunakan LOMO buat bikin stop motion. bagus-bagus loh heehe.. klik disini untuk salah satunya.

Lomo disini fungsinya bagi gue adalah bikin gambar bergerak atau video. gak percaya? nanti deh kita liat hasil video gue pake lomo ya hehe.

Judul video yang lagi gue garap adalah: I'll Meet You There.


salah satu frame-nya!

sedikit gambaran, video ini terinspirasi dari lagu salah satu chiptunes band dari Indonesia, Bit The Medusa, judulnya Hello. Gue udah ngirim message di myspace-nya. Dan doain aja mudah-mudahan di baca terus di confrim, terus mudah-mudahan juga terpilih jadi video clip. jiahahahaha..


Lomo Holga 135 BC, frame 47 mm


gue pake Lomo Holga 135 BC. Tadinya mau pake lomo yang diana F+. tapi gue dapet wejangan dari forum lomonesia, ternyata Diana F+ susah dipake buat bikin video, terutama stop motion yang bakal gue buat ini. Kenapa? Diana F+ itu kayak cewek! harus sabar ngegunaiinnya! dan satu lagi, belum tentu hasilnya bakal sebagus Holga.. hhuhuhu...


LOMO DIANA F+


proses pembuatannya baru start seminggu yang lalu. Gue gak sendirian, gue sama Boghel, temen gue yang lumayan ngerti pengambilan foto yang bagus. Dan gak nyangka aja banyak hambatan yang harus gue lalui. Enggak lebai loh. Beneran! KARTU ATM GUE AJA NYAMPE ILANG!!

Jadi pas mau ngambil duit buat modal beli film (anyway, di video ini gue pake film LUCKY COLOR & LUCKY B/W) yang 1 roll film (color) harganya Rp. 12.500. karena gue mau stok 20 stok film jadi sekitar 20 X 12500 = Rp. 250.000


kamera: Holga 135 BC, roll film: LUCKY. lokasi: lembah UGM. model: GUE! HAHA.


Cukup mahal juga kan. haha gue jadi inget kata kata dari temen gue, Mamen, jagoan neon.. eh, jagoan photography DSLR. "semakin mahal gadget, semakin keren juga hasil outputnya!" gitu kata dia.. haha percaya ga percaya sih.. tapi selama ini emang bener..

Jadi kemaren itu pas hari minggu, gue ngambil duit di ATM, pas besoknya hari senen gue mau beli buku kuliahan.. eh ternyata.. KARTU ATM GUE NGILANGGGGG!!!!!

Gue grodok grodok.. apa ya? istilahnya gue udek udek deh isi dompet gue, gak ada... gue udek udek juga isi tas gue.. gak ada.. gue udek udek kolor gue.. eh gak ada juga.. (lagian ngapain kartu ATM di kolor?.. aneh)

emang sih, gue ini termasuk orang yang pelupa abis.. selain kartu atm, gue juga sering banget lupa naro kunci motor, kunci mobil, kunci rumah, kunci kamar, sampe kunci lemari.. selain kunci kuncian.. gue juga lupa sama kelamin gue.. hehe gak lah!

Kemarin gue baru ngurus kartu atm gue.. gue terpaksa bikin baru.. dan proses bikin ATM baru ini.. LAMAAAAAAAA BANGET! ada kali satu hari kemarin (selasa) gue jadi penghuni bank. abis lama bener. lama ngantrinya, lama prosedurnya.. sampe sampe gue harus dua kali ngantri.. ah I dislike.. gue paling ga suka disuruh menunggu.

kenapa?

soalnya prosedur pertama, gue gak boleh bikin atm lagi.. karena gue gak bawa buku tabungan. Sementara buku tabungannya sendiri ada di bokap gue, otomatis kan gue harus bolak balik ke cilegon?

Yang gak masuk akal adalah waktu satpam bank ngasih saran..

pak satpam: emangnya mas darimana asalnya?
gue: dari cilegon pak.. gak mungkin kan? cilegon ke jogja jauh loh pak..
pak satpam: ah deket itu..
gue: loh? deket gimana?
pak satpam: naek pesawat cuman 2 jam-an kan?

BRILIAN BANGET! gak salah pak satpam ini ngerawat kumisnya yang indah nan menjuntai.. haha gak ada hubungannya! tapi dia pinter banget deh, nyaranin gue pergi ke airpot terus naek pesawat, pulang ke rumah gue di cilegon, dan ngambil buku tabungan.. terus kesini lagi... *jaritengahbuatpaksatpam

dan akhirnya setelah bank hampir tutup, prosedur gue bikin kartu ATM baru pun selesai.. akhirnya, untung aja gue lari ke bagian informasi yang lebih tepat.. karena disitu ada bagian informasinya banyak..

jadi, untuk minggu ini, proses pembuatan video stop motion menggunakan lomo holga pun akan tetap berjalan.. huff

Project ini lumayan makan waktu, soalnya daerah daerah yang pengen gue ambil view-nya cukup banyak. Dari tempat tempat klasik, bersejarah, romantis, dan yang jarang banget orang lewat.

Well, hasil minggu kemaren gue cuma dapet 4 roll film.. lumayan bagus untuk sebuah awal hehe..

so, gimana hasilnya? kita tunggu aja deh hehehe..


0 Comments:

Posting Komentar

blog-indonesia.com