Senin, Mei 03, 2010
This Story About “How I can..?” Not About “Wow.. I can!” (Ada Yang Salah Sama Film Gue)
“Peng, kasetnya gak laku-laku, bagiin aja ya”

Kata temen gue Mail di sms, saat pagi pagi gue masih setengah sadar bangun dari tidur. Jangan salah ngerti dulu, itu sms dari temen gue yang di Cilegon, kota dimana tempat gue diasuh dari kecil sampe gede.

Kaset yang dimaksud adalah penjualan DVD film gue yang gue jual di Cilegon. Yap, film pendek gue yang judulnya I’m Watching YEYE CREW On The Behind Camera! (mungkin, lo udah bosen dengernya juga..)

The first question-nya sekarang adalah.. kenapa film gue gak laku? Apa bener ada yang salah sama film gue? atau orang belum paham dengan film gue? atau cara penjualannya ada yang salah? Dan.. bla bla bla lainnya lagi..

Oke, sekarang kita main jujur-jujuran aja.. sempet ada yang nanya, "kenapa lo bela belain buat jualan di cilegon peng? toh di jogja aja lo udah dapet keuntungannya kan, terus lo bisa terlibat langsung"

intinya, gue jualan di Cilegon adalah pertama, gue diasuh disana dari kecil sampe gede dan bisa kuliah seperti sekarang ini. Kedua, karena ini juga dibuatnya di Cilegon, di kavling, tempat YEYE CREW itu sendiri. Gak lebai. Tapi beneran, gue pengen banget jualan di Cilegon.

sebelum gue lempar DVD gue ke cilegon, gue jualan dulu di Jogja. Ada niat gue jualan di Cilegon, tapi gue mikir.. gue ada di Jogja. Otomatis gue gak ada ditempat (di cilegon), jadi gue pake sistem distributor. Kendalanya, gue gak ada di tempat dan gak bisa ngawasin penjualan DVD film gue. Distributor yang ada di cilegon, adalah partner gue buat jualan. Sori, gue bilang mereka (distributor) adalah “gue”.

Ada dua distributor, artinya “gue” ada dua ditempat itu. But in fact, tetep aja gue gak tau sistem penjualan mereka kayak gimana.

Enggak, disini gue gak mau nyalahin siapa siapa tentang penjualan DVD gue. Dan gue juga gak merasa lagi down mendengar DVD gue gak laku disana. Ini sebuah introspeksi diri.

Hey guys! This is story about “How I can..?” not about “WOW..I can!”


Gue jelasin dulu, postingan kali ini adalah sekedar cuhatan gue. Akhir akhir ini gue merenung, dan memikirkan ini.. setelah apa yang gue dapetin akhir akhir ini adalah sebuah (mungkin) cobaan bagi gue yang masih terbilang pemain baru di bidang usaha film indie.

Banyak yang pernah gue baca kisahnya para filmmaker indie di Indonesia yang berhasil menjual filmnya. Bahkan, banyak juga diantara mereka yang udah sukses di luar negeri. Yang paling gilanya lagi, gue pernah baca kasus dimana anak SMA di Bandung berhasil menang kontes festival short film di Australia. Atau Ozzy mungkin. Anyway, ini berati, kalau mereka bisa, bagaimana dengan kita? Apa kita tetep jadi penonton yang setia? Oke, mungkin lo beranggapan, “SMA di Bandung kan statusnya beda sama kita yang disini! Kita susah lah berkembang jadi kayak mereka!” gezz, what you say that's right, too.. but menurut gue, itu bukan fakta yang sebenernya. Mau itu orang Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Bali.. atau kota kota yang berhasil nyetak orang orang yang bisa berperan di negeri ini sekarang. Ayo, kita juga mampu! Gak usah niru langkah mereka, tapi pelajari langkah mereka. As I have just said.. What you choice guys, jadi orang yang biasa biasa aja atau mau jadi orang yang punya value added? Terserah lo..

Oke omongan gue udah terlalu berat kayaknya, mari kita bicara DVD film gue yang gak laku.. emm, bisa dibilang gak terjual! Bukan, gue bukan ngajak lo terlibat dalam kasus DVD gue yang gak laku ini, atau prihatin. Tapi it’s just learn! Mudah mudahan bermanfaat juga buat kalian yang mau jualan sesuatu nanti. Postingan ini juga sebagai strategi gue buat jualan DVD film gue itu. Buat yang ada di Cilegon, mudah-mudahan lo jadi penasaran juga. :) masih berharap boleh kan? Hehe..

Mungkin, bagi anak ekonomi (yang ngakunya adict terhadap ekonomi dan berjiwa pebisnis) kata kata “penjualan” adalah dewa dimana lo harus mati matian agar barang yang lo jual harus laku dan berharap balik modal.. and maybe, yang dicari adalah lebih dari sekedar balik modal.

So, I guess this situation is “questioning” not “marketing”.. yap the first question-nya udah gue sebutin diatas, kenapa kenapa kenapa kenapa dan kenapa..

Setiap kita mau jualan pasti butuh modal, gue kira gak perlu gue jelasin lagi, karena orang yang enggak sekolah juga tau. Gue butuh modal disini. untuk modal kaset DVD-nya aja sekitar 40.000 rupiah, print cover serta label makan biaya 20.000 ribu rupiah. Jadi, jumlah modal gue adalah 60.000 (untuk 10 DVD di Cilegon), dan itu belum termasuk biaya lain lain. Then, gimana caranya gue dapetin uang 60.000 itu.. beginilah cara gue.. Sebenernya gue jualan dulu di jogja, gue jual 5 DVD di kelas gue, ternyata habis terjual. 1 DVD gue patok Rp. 12.000,- plus pin.

Jadi itungannya dari penjualan pertama itu gue dapet 5 DVD x Rp. 12.000,- = Rp. 60.000,- Catch! sama dengan gue dapet keuntungan Rp. 60.000,- dan gue bisa bikin 10 DVD.


cover depan

1 distributor dapet 10 DVD, ada 2 distributor, jadi ada 20 DVD gue kirim ke cilegon. Dan modal gue harus lebih dari Rp. 60.000. Berati dua kali lipatnya 60.000 rupiah = Rp. 120.000. Inget satu hal, Rp. 60.000 udah gue pegang, dan 10 DVD udah siap dikirim ke 1 distributor, tinggal distributor satunya lagi.

Agar dapet Rp. 60.000 lagi gue pake cara promosi door to door. Gue tawarin ke temen temen selain di kampus gue. Gue bersyukur, Tuhan memberikan kemudahan bagi gue. dari 7 DVD, 6 DVD berhasil terjual lagi. Satunya lagi, gue kasih ke mantan gue. Ternyata, mantan gue juga ikut promosiin film gue ke temen temen kostnya. Walaupun gak banyak yang beli, tapi gue cukup puas. Karena sekarang gue punya Rp. 60.000 untuk tujuan utama gue, jualan di Cilegon.

Cara gue beda buat cari uang 120.000. karena pikiran gue tadinya gue mau jualan 10 DVD di Cilegon. Ternyata, nafsu gue bertambah jadi 20 DVD. Kalo gue pake cara yang sama buat cari modal 60.000 lagi, maka besar kemungkinannya adalah usaha gue dapetin modal monoton. Selain itu, ini DVD, biar gimanapun gue mikir 5 DVD yang gue jualin ke anak anak kelas udah cukup, soalnya gue kenal sama barang yang gue jual, yang gue jual film bukan kaos distro. So pasti buat apa mereka beli DVD film yang sama kalo udah ada 1 orang yang beli? Mungkin mulut gak bisa boong, adakalanya karya kita tersebar gara-gara omongan dari mulut ke mulut.

Lo pasti mikir gini kan, “mendingan gue minjem aja kasetnya dari si A yang udah beli dari si B kemaren.” Soalnya kebanyakan dari kita. Indonesian. Masih beranggapan kalo cuman sekedar film, ditonton, terus diceritakan ke temen atau orang terdekat. Gak kayak jualan kaos distro. Film juga belom dapet tempat yang lebih di negara kita. Soalnya, orang orang yang hanya ingin menikmati tontonan, pengennya gak mau repot beli hiburan yang hanya untuk ditonton sekali. Terlalu aneh kan kalo orang beli DVD film buat di tonton berkali-kali sampai 5 jam misalnya. Hehe ini cuman asumsi.

Lo bisa judge gue, “laku apa gaknya film lo, kan tergantung ceritanya dong peng”

Lain kalo film dengan cerita bagus. PETUALANGAN SHERINA misalnya. Dulu nyokap gue sampe rela ngeluarin duit buat beli CD bajakannya. Terlepas dari itu, bajakan atau asli, yang penting kita bener bener menilai film PETUALANGAN SHERINA adalah film yang gak pernah bosen di tonton. So, jadi itu masalahnya? masalahnya ada pada taste? Gue rasa taste adalah nomor sekian dalam marketing. The first is, soal promosi.

Promosi yang nice adalah modal utama dalam penjualan barang atau jasa kita. In fact, jaman sekarang iklan gak lagi jadi bahan utama dalam promosi, kebanyakan dari kita menilai iklan itu bohongan. Iklan itu gak bisa di percaya. Soalnya, kita tau kan iklan hanya sekedar cara jualan. Cuman sebuah presentasi produk mereka. Kita lebih percaya sama omongan orang yang udah nyobain produk tersebut. Hehe sori buat yang masih kuliah di jurusan yang ada hubungannya sama periklanan.

Jumlah DVD yang gue jual disini (di jogja) semuanya pake metode promosi. Promosi gembel namanya mungkin. Gue gak maksain mereka beli DVD gue. Gimana pun juga, budget gue sedikit, gak mungkin gue promosiin gencar-gencaran, gak mungkin gue kayak orang politik nyari massa dengan tagline atau tagvoice yang semuanya hampir sama: “PILIH SAYA UNTUK PERUBAHAN”, gue? ogah! Dan gak sama.

Gue promosiin film gue dengan cara: BIKIN MEREKA PENASARAN! Caranya gimana? Gue suruh mereka baca blog gue, gue kasih link yang bila di klik, langsung ke cerita dimana gue bikin film ini, kebetulan dalam proses pembuatannya, gue selalu update ke blog gue ini. Untungnya gue nawarin ke orang-orang yang tepat. Mereka melek teknologi, terutama mereka yang sering membaca. Selain itu ini adalah film indie, gue gak punya budget yang gede buat promosi gede gedean. Gak mungkin gue minta temen gue yang ada di radio Swaragama buat promosiin film gue, karena pasti dimintain duit atau negosiasi semacemnya.

Udah gue jelasin, mulut gak bisa boong dan duit juga gak bisa boong. Film gue berhasil jadi omongan orang ke orang. Mungkin lingkungannya belom luas. Belom kayak THE UPSTAIRS waktu ngejual CD album pertamanya. Omongan film gue ini baru sebatas kampus, temen kos, followers di twitter, temen temen di skype, dan friends list di facebook gue.



cover belakang


Gue sebut ini prestasi bagi gue, walaupun kecil. Gue rasa, kita mulai dari yang kecil tapi dengan cara yang benar bakalan jadi besar juga nantinya. Orang pasrah selalu bilang, “biar waktu yang menjawabnya”. Nope! Waktu memang bakal menjawab, tapi kalo kita terpaku sama waktu, biar gimanapun juga lo bakal statis. Usaha adalah cara yang terbaik.

Target utama pasar gue di Cilegon adalah anak anak SMA. Terutama yang bisa gue deketin anak anaknya, Smancil (SMA 1 Cilegon) dan Smandak (SMA 2 Cilegon/SMA 2 KS). Di dua tempat target market itu gue punya asumsi yang beda. Di Smancil, jelas gue punya kans terbesar seharusnya. Karena gue pernah bikin film Memorandum Kosong Satu (disingkat ya: memo01) yang pada akhirnya cuman terkenal selama 2 tahun, angkatan baru? Cuman sedikit yang tau. Pada masa kejayaannya, film itu dapet 100 keping DVD terjual habis. 30 keping DVD terjual habis dalam waktu 2 bulan setengah. FYI, waktu itu gue emang udah lulus, tapi belom berangkat ke jogja, kuliah. Sisanya, waktu gue mulai kuliah disini.

Bukan prestasi yang harus dibanggakan dan berlebai-lebaian. Untuk ukuran segitu, masih sedikit rasanya. Tetep aja ada orang yang nanya, “apa sih memo01 itu?”

Biar gimana juga, gue bisa ngambil kesimpulan kalo gue sebarin lagi film gue ini: I’m Watching YEYE CREW On The Behind Camera! yang disertai bonus memo01 film dokumenter Smancil tahun 2008, paling gak bisa laku di Smancil. Kenyataannya, gue dapet kabar film gue GAK TERJUAL disitu.

Ke dua, di Smandak. Emang sih, gak ada hubungannya sama Smancil. Tapi disitu, gue pernah buatin 2 film pendek. Kita masih jujur-jujuran nih. 2 film pendek yang gue bikin mampu ngebuat anak anak disana suka dengan film gue (gue dapet kabar dari anak anak dari smandak). Apalagi cover DVD ini juga gue pake fotonya anak Smandak, salah satu temen gue juga. Asumsi gue beda dengan yang di Smancil, untuk anak Smandak, gue berharap setelah mereka nonton film gue, mereka berpikir, kalau SMA itu bukan sekedar hura-hura, belajar, banyak banyakin temen atau mencari ilmu. Tapi selain itu, kita harus membuat sesuatu yang asik. Yang bisa diliat orang. Kenyataannya, di Smandak cuman 2 orang aja yang beli DVD gue.

Kata distributor gue di Smandak, Tanti Amelia, XI IPA 2, baru ada 2 DVD yang kejual dari 10 DVD. Ini masih mendingan daripada yang di Smancil.

DAMN! Inversely propotional.. Bagaimana itu, kok di jogja penjualan DVD gue bisa buat modal 120.000, sementara di daerah gue sendiri, Cilegon, film gue gak laku? Apakah karena gue gak ada ditempat? Atau cara promosi mereka yang salah? Memang, kayaknya ada yang salah. Sistem gue ke distributor, ya pokoknya terserah distributor yang disana, gimana pun cara mereka mempromosikan film gue, itu terserah mereka. Karena gue akuin, gue gak bisa ngawasin mereka. Sementara gue disini harus kuliah, ngerjain tugas, dan kegiatan lainnya diluar film gue.

FYI, penjualan gue di jogja cuman cara gue dapetin modal 120.000 dan terjual 5 DVD dalam 2 hari, dan 7 DVD dalam satu hari. Gue sengaja gak bagi bagi ke temen Cilegon gue yang ada di jogja ini. Mungkin suatu saat nanti, gue bakal tawarin ke mereka juga. Untuk sekarang, penjualan di Jogja gue berhentiin dulu. Yang di cilegon, baru jalan 2 minggu setengah ini belum ada yang laku. Berbanding terbalik memang. Market gak bisa ditebak atau di analisis kepastiannya..

Oke guys, kita bisa ambil asumsi, yaitu INI FILM, BUKAN CD ALBUM MUSIK. Kalo yang gue kawatirin bener adanya.

Jadi gini umpamanya..

Ada dua jenis baju. Yang satu baju mewah buat keperluan pesta yang mewah juga misalnya. Dan yang satu lagi baju buat sehari-hari yang kalo kita liat bisa buat berpergian juga, entah itu buat maen, nonton sama pacar, atau nongkrong di emol. Tentu harga kedua baju itu beda-beda, yang mewah pasti harganya juga mewah, yang buat sehari-hari tentu harganya terjangkau. Sekarang, mana yang lo pilih? Lo pilih baju buat yang sehari-hari aja kan? Karena lo jarang ke pesta yang mewah, dan cukup punya 1 atau 2 baju mewah saja. Periksa lemari baju lo, 80% diantaranya adalah baju sehari-hari (kaos), dan 20% adalah kemeja atau pakaian rapih.

Itu asumsi gue buat DVD sebuah film. Apalagi film indie, yang memang sampai sekarang di negeri kita sendiri masih susah buat bersaing sama film yang berlabel.

Kemarin gue sempet gak percaya sama sms dari tanti:
Peminatnya kurang ka. Kan di kelas ada yang beli terus di pinjem-pinjem sama anak anak di kelas, nah rata rata pada bilangnya ko gak ada film yang ada jalur ceritanya.

Sepertinya emang bener. Gue punya opini berbeda tentang Film. Menurut gue, semua film adalah bercerita. Film dokumenter, tetep ada ceritanya. Tapi beda sama video, jelas video hanya screen/layar apa aja. Jadi biasanya apa yang kita liat sehari hari terus di rekam di kamera tanpa ada skenario terlebih dahulu, itu yang biasanya di sebut video.

Film ini bercerita! Meskipun kata kata “bercerita” gue nomer dua kan di film ini. Padahal film ini bercerita loh, tentang kumpulan quotes yang gue dapet darimana aja, terus gue gabungin film film YEYE CREW yang pernah dibuat. Bahasa kerennya: bereksperimen lah.. TUJUAN FILM INI: HIDUP KAMU ADALAH SEBUAH FILM! Apakah tagline ini kurang jelas? Apa karena kemahalan?



Oke, kayaknya kita udah musti bicara soal harga. Biar gimana juga, film gue harganya Rp. 12.000, harga itu bukan gue patok seenak udel gue. Coba perhatikan, modal gue tadi.. dan coba liat faktanya dalam menciptakan film indie, termasuk sulit!

Jadi kata Arie Agus Setiawan (sori ri, ge pake nama panjang lo hehe siapa tau ada yang kenal ;p ), salah satu distributor di Smancil, bilang harga Rp. 12.000 kemahalan buat anak SMA, gue juga curhat sama Niko via email (btw, gue pernah berpartner sama dia buat bikin film MONOREL yang masuk 3 besar di Lomba Film Pendek ITB), dia bilang, “harga segitu memang kemahalan yah..”, gue juga mikir gak semua orang mampu beli DVD film ini.

Pernah ada orang bilang, ada dua jenis anak SMA, yang mungkin juga masuk dalam kategori who’s market?

Anak SMA A: ‘gue beli sepokat Nike asli ini harganya Rp. 600.000’
Anak SMA B: ‘ah kemahalan lo, gue beli sepokat Nike di Balaraja aja cuman Rp. 60.000’

Perbedaannya, anak SMA A lebih mementingkan kualitas, brand, status, dan perasaan pengen di hargain. Dan yang anak SMA B, adalah contoh konsumer yang hanya mementingkan harga dan menyeimbangkan pengeluaran, anak SMA B juga gak mau kalah sama anak SMA A meski barang yang anak SMA B beli itu palsu. Lo termasuk yang mana?

Sekarang begini aja deh, are you smart shopper? What do you think about smart shopper? Who is smart shopper?

Dosen Pemasaran gue, pak Indriyo pernah bilang, dalam pemasaran, uang dibagi jadi dua. Uang untuk jatah makan, dan uang untuk gaya hidup. Langsung aja deh, inti dari gue patok harga Rp. 12.000,- di satu DVD gue itu, karena sasaran target gue adalah anak SMA A, istilahnya dia adalah oriented consumer. Kalo lo ngira anak SMA A itu anak orang tajir. Lo salah besar. Anak SMA A gak harus dengan punya uang banyak. Sekarang banyak anak-anak SMA yang bela belain ke Jakarta dari Cilegon cuman mau beli kaos merek Crozz Cloth yang asli. Dia anak orang tajir? Bukan! Dia adalah konsumer yang mentingin keaslian produk (oriented consumer). Bisa lo bayangin sendiri seperti apa anaknya.

Every boys and girls is smart shopper..

Di film gue ini, gue gak cuman ngajak orang buat nonton, tapi ngajak orang buat sesuatu. Karena deketnya sama ajakan “ayo buat film!” jadi mungkin yang gue sasarin adalah anak anak yang mau bikin film. Inget, kita harus jujur, bikin film makan biaya gede. Ya kameranya, ya proses pembuatannya, komputernya, software buat ngeditnya, dll.

Udah ngerti kenapa gue pasang harga segitu? Ya! Sasaran gue selain oriented consumer, juga sasaran gue adalah anak anak yang pengen survive! Anak anak yang pengen punya karya tapi belum punya.

Nah dateng pernyataan gini.. “ah, ini film! Lebih baik kita bermusik, sekarang bisa bikin kita cari duit dari hasil berkarya kita.”

everything you say, I agree! :)

Gue sering nerima link link dari anak anak band cilegon, meskipun gue gak tau siapa mereka dan mereka juga mungkin gak tau siapa gue, yang mereka tau gue harus buka link itu dan download lagu mereka secara gratis.

Ini jaman teknologi. Manfaatkan teknologi itu sebagai presentasi karya kita. Biar orang liat dan denger karya kita! Pertanyaannya, apakah itu bener? Enggak, gue bilang cara itu gak salah.

Semua orang punya cara yang beda-beda bukan? Begitu juga dengan gue..

Sempet gue berpikir, gue mau nge-tag film gue ini ke semua friends list di facebook gue, dan di upload di youtube. Temen gue Firman yang punya pikiran ekstrim malah nyaranin “kenapa gak lo jual aja!” itu awal dari niat gue jualan.

Emang sih, sekarang gue rasa kita udah masuk ke dunia inet (internet). Dimana sekarang setelah disket udah almarhum, dan CD udah hampir kalah sama flashdisk. Apalagi film? Banyak sekarang film bisa kita dapetin secara gratis di internet. Bisa kita tonton langsung via broadband. Dan mungkin di masa depan nanti, bioskop udah kalah sama era digital (inet, portabel, dan bla bla bla). Enggak, gue bukannya mau perang sama era digital.

But hey! Sekarang kita belum di masa depan. Kita masih sering beli CD walaupun bajakan. Kita masih memerlukan flashdisk buat nyimpen download-tan kan? Tapi, kenapa gue belum mau upload film gue di youtube dan di tag?

Simpel, gue rasa hanya orang orang tertentu saja yang bisa nonton film gue di internet lewat notebook, macbook, komputer, de el el.. sisanya, kebanyakan dari mereka yang masih asik internetan lewat ponsel atau Blackberry yang belum tentu juga mereka bisa akses film gue.

Jadi lo masih mau nyuruh orang ngunduh karya lo? Mendingan saran gue, lo jualan dulu karya lo. Pake strategi penjualan lo. Inget kan sama bapak yang punya Kem Chick di Kemang? Yap, Oom Bob Sadino. Dia bilang di bukunya yang berjudul Belajar Goblok Dari Bob Sadino: gak usah banyak mikir, yang penting usaha kita jalan. Biarkan Tuhan yang menentukan sukses apa tidaknya usaha kita.

Gini aja deh, gue tanya.. Kalo lo masih nyuruh orang buat mengunduh karya lo, keuntungan apa yang lo dapetin? Merasa pengen karya lo di kenal ama orang? Itu sih sama aja karya lo hanya subyektif, stagnan, dll deh.

Ayo keluar dengan cara market! And stop! Jangan mikirin materi dulu!! Itu belakangan..yang penting lo berani! Tapi jelas, karya lo harus beda dari yang lain. Bikin market sendiri, jangan cari market! Kalo tetep cari market, sama aja kayak korban tren.

Inget ya, kita pengen cuman ada 1 band ST 12, we just want 1 PEE WEE GASKINS, we just want 1 ROCKET ROCKERS, we just want 1 RADITYA DIKA, we just want 1 KAMBING JANTAN, we just want 1 HANUNG BRAMANTYO, we just want 1 AYAT-AYAT CINTA films, and we just want the original. Meskipun dunia mereka yang pengen kita tiru, tapi bukan meniru mereka agar “aman”.

Balik lagi ke masalah gue, kenapa DVD gue gak laku di daerah gue sendiri? padahal gue udah beda, gue udah punya kans tersendiri disana, dimana mereka semua?

Yup, masalahnya gue gak ada di tempat, jadi gue gak bisa ngawasin serta ngejalanin strategi pemasaran gue. Kedua, gue juga gak bisa nyiptain pasar disana karena gue sendiri kayak “hantu” disana. Karya gue ada, tapi gue sendiri gak ada di tempat. Jadi mungkin ketidakjelasan ini yang jadi masalahnya.

So, gue mau mengatasi masalah ini.. ada yang bisa bantu gue? atau mau beli DVD film gue ini tapi bingung? Silahkan isi comment di bawah ini. Silahkan isi apa saja, toh ini adalah blog, tempat kita berbagi opini mengenai apa saja. Sebebas mungkin tapi tetap pada aturan. Mungkin suatu saat, film gue bakalan gue upload di youtube dan tag. Setelah gue berubah pikiran lagi. Who knows? Hehe.. :)
7 Comments:
Anonymous Anonim said...
wah krenslah,,,
kalo ada anak cilegon kya lo..
suka bikin filam... kapan2 gabunglah..
coz goe juga lagi kuliah di unikom bandung , dan lagi nyari ilmu perfilemanya heheh w:)

nice info friends

Blogger oRdinary Life said...
gga ngerti w!
ap.c c peng ni ??
bsa d singkat gga crt.a ? hehe

Anonymous Anonim said...
emosi kok dibuat sendiri

Anonymous cosy said...
peng kali klo d cilegon org" nya udh kga pnsaran sma film lw, trus distributor yg d sni nawarinnya k org" yg udh pernah nonton klo ga tau critanya...

Anonymous Anonim said...
sinopsisnya mana gan

Anonymous destika said...
mantep ndri.. gak nyangka ternyta elo suka nulis jg ya..
hehhe.. sukses yaa

Blogger cepeng gembel said...
Anonim 3 Mei 2010 23:17
boleh.. :)

oRdinary Life 3 Mei 2010 23:34
inilah metode gue, gak ngerti? baca lagi dari atas ke bawah, bawah ke atas :)

Anonim 4 Mei 2010 01:33
so, kalo yang gue tebak mungkin bener.. kasih tau ya.. mungkin anda beranggapan tulisan ini saya buat atas dasar emosi, tapi sebenernya tidak.. karena inilah passion saya dalam menulis, dan salah satu cara mempromosikan DVD saya

Cosy 4 Mei 2010 17:18
yap, bisa jadi.. tapi ini bener bener film yang baru.. meskipun cerita dan latar belakangnya masih sama, masih yang dulu, tapi cerita didalem film ini beda.. itu bisa diliat dari tema-nya loh hehe

Anonim 4 Mei 2010 17:25
baca postingan sebelumnya deh gan! sekitar bulan maret, april, mei

Destika 5 Mei 2010 10:19
gue udah perna buka blog lo lho des.. tapi entah itu kapan, yang jelas gue liat postingan lo gak pernah update, dan sekarang ini baru gue buka lagi.. ternyata update :p hehe gue follow deh :)

Posting Komentar

blog-indonesia.com