Jumat, April 16, 2010
Masih Belum Percaya
Sebelumnya, gue masih enggak berani ngeposting tulisan ini.. Tapi disamping itu, gue merasa kehilangan banget.. ya, gue kehilangan kawan yang selama ini termasuk ngedukung gue (selalu).. baik itu pas SMA maupun di dunia maya seperti sekarang ini..

Gue gak bisa nyebutin namanya, yang jelas gue bener bener kehilangan dia..

Well, about topic..

akhir akhir ini gue lagi punya kesibukan baru selain kuliah, gue lagi mempersiapkan film pendek gue yang nantinya bakalan di jual.. sebelumnya gue sempet curhat dulu kebeberapa temen, sambil nunjukin film gue.. ternyata respon dari mereka cukup positif.. KENAPA FILM LO GAK DI JUAL AJA? GUE RASA MENJUAL ABIS NIH!

So? gue putusin bahwa film ini bakalan di jual.. judulnya sendiri adalah I'M WATCHING YEYE CREW ON THE BEHIND CAMERA!

Sempet ada yang nanya juga..

Firman: film lo ini temanya kehidupan?
gue: iya.. kenapa emang?
Firman: unik!
gue: iya dong!
Firman: lo tau arti kehidupan?
gue: *cuman bisa diem*

Dikasih pertanyaan kayak gitu, gue beneran gak bisa jawab.. persis kayak soal UN.. banyak jawaban takut salah gue ngejawabnya..

Tapi di film ini, gue ngejawab dari sisi perfilman.. ya, gue punya jawaban bahwa hidup kita itu sama kayak film.. kita tidak akan tau kapan terjadinya klimaks.. orang orang disekitar kita bukan cuman figuran, mereka adalah peran! bisa antagonis atau bisa pro-antagonis.. kita sendiri jadi peran utamanya, kita gak bisa menyutradarai film kita ini..

So, bersyukurlah kamu hidup! kamu punya kesempatan ini cuman sekali.. jangan pernah sekalipun disia siain.. selayaknya kamu terus bermimpi, berlari, lalu mencari, dan kemudian kembali lagi..

Layaknya sebuah film, hidup kita pun bisa di rewind! tapi jangan harap adegan sebelumnya terulang kembali sama persis! malah, kesempatan rewind ini adalah buat kamu memperbaiki adegan kesalahan kamu itu!

Setelah firman temen gue, ngeliat film ini.. dan gue gak bisa jawab pertanyaan dia, dia ngambil kesimpulang begini

'pada dasarnya mbel, film kamu udah bagus.. layak dijual.. tapi film kamu ini adalah film dengan nasehat! inget satu hal, kamu gak bisa menasehati orang! gue juga gak bisa menasehati orang! karena orang engga bisa kita ubah.. kamu engga bakalan tau atau enggak bakalan ngerasain posisi orang itu.. terima resikonya!'

Bustep, bener bener panjang lebar dia kasih komentarnya ini aja gue ambil kesimpulannya doang.. tapi ada benernya juga sih.. gue yang tadinya ragu ragu mau jualan, akhirnya gue dapet 1 inspirasi lagi.. kita hidup harus terima segala resiko..

Besoknya gue kuliah, gue duduk di kantin.. gue liat orang orang sekitar, termasuk temen gue.. ada Cantika yang lagi asik BBM-an.. ada Galih yang makan soto sampe nambah 2 mangkok (dasar jagoan neon!).. ada Reja yang lagi SMS-an ama kecengan barunya sambil nyedot es teh.. ada Dara juga yang lagi asik juga BBM-an.. lagi musim BBM-an di kampus gue.. sampe sampe dosen ngajar aja banyak yang enggak kosen! salah siapa? jangan tanya deh..

Gue sempet mikir.. sebelumnya mereka bagaimana ya? temen temen yang lagi di depan gue ini...

Bisa jadi dua cewek Cantika dan Dara yang sekarang lagi BBM-an, siapa tau sebelum ini dia baru kena musibah.. atau bagaimana mereka di masa depan? masih tetep BBM-an atau malah punya kesibukan baru..

Atau Galih yang jago nambah soto 2 mangkok, mungkin sebelum ini dia enggak makan dua hari dua malem, atau di masa depan nanti masih gak ya Galih nambah 2 mangkok soto seperti yang gue liat sekarang ini..

Reja yang amburadul yang sekarang gue liat dia lagi deket deketnya ama kecengan barunya, sambil SMS-an sambil senyum senyum dikulum kayak gorila kawin.. setelah ini, masih enggak ya gue liat dia senyum senyuman kayak gini...

mp3 di ipod gue memainkan lagu Young London-nya Angels and Airwaves (AVA).. gue masih bengong sambil nyeruput es teh yang gue pesen.. yang tiba tiba aja es-nya cepet mencair! blehh..

Enggak biasanya memang gue begini.. bengong gigi ompong seperti ini di kampus.. biasanya, lagi musim UTS begini yang gue bengongin malah mudah mudahan gue bisa dapet pengawas yang baik hati...

Akhirnya kita semua pada bubar.. gue masuk ke ruang U-212 sementara mereka masuk ke ruang ruangan yang beda beda.. karena mata kuliah kita pada hari itu beda beda..

UTS jam kedua gue adalah Hukum Bisnis.. soalnya mayan susah, jawaban harus rill dan panjang kayak truk gandeng...

Finally, selesai juga UTS Hukum Bisnis.. semua soal gue libas dengan pemikiran dari otak pantat gue.. pegel tau duduk dua jam sambil mikir itu!

Well, UTS hukum bisnis ini adalah UTS terakhir gue.. mudah mudahan hasilnya memuaskan, dan gue bisa membuat tersenyum orang orang di rumah.. amin.

keluar dari ruangan, gue ke gazebo yang ada di sekitar selasar.. gue temuin mereka lagi.. Cantika, Dara, Reja, Galih, dan ditambah 3 orang yang gak gue kenal.. muka sih sering liat, tapi nama nama mereka itu yang gak gue kenal..

Gue liat Cantika dan Dara, mereka cerita kalo UTS terakhir ini mereka sukses mengelabui pengawas.. bener bener cerdik.. gue gak dikasih tau caranya! shit! muka mereka pun tersenyum puas! (gaya setan ada tanduknya.. ya iyalah! kalo pake behel lebih ngaco!)

gue liat Reja dengan tampang lusuh kayak gembel enggak dapet jatah raskin.. dia bilang kalo ada 1 nomer yang enggak keisi alias susah banget! gue engga tau MK (mata kuliah) apa yang dia UTS terakhir ini..

Galih tersenyum puas, karena dia dapet contekan dari temennya.. tapi senyumnya itu gak lama, setelah itu Rere dateng nyamperin kita, rere bilang kalo galih disuruh nemuin dosen.. kayaknya dosennya dapet laporan dari pengawas.. FYI, pengawas emang diem aja, tapi diem diem kucing garong.. alias nyatetin nama yang dianggap melanggar tata tertib UTS.. termasuk kentut sembarangan sewaktu UTS berlangsung!

yang paling sial emang Galih, gue engga tau setelah dia ngadepin dosen gimana..

Yang jelas, pas gue balik ke kostan.. gue sadar satu hal, bahwa waktu emang cepet banget berlalu.. mungkin pada jam segini menit segini dan detik segini, kita bisa seneng.. tapi pada waktu berikutnya kita bisa terjatuh..

Kita enggak tau harus bagaimana.. dan apa yang harus kita jelasin.. semuanya bisa terjadi tiba tiba tanpa kita ketahui..

Gue mulai ngerti kata kata Firman..

Kemarin juga, pas gue lagi tidur.. pas enggak ada jam UTS.. malem malem gue tidur.. mimpiin temen gue, yang aslinya gue belom pernah mimpiin dia tapi tiba tiba dia dateng dalam mimpi gue..

dia bilang..

'bener kata lo, hidup itu sebuah film! mau gue bantu gak buat penjualan film lo?'

Gue bener bener kaget.. tiba tiba aja dia dateng dalam mimpi gue dan berkata seperti itu.. paginya, gue dapet banyak SMS, gue buka satu satu.. ternyata SMS dari marwok.. enggak biasanya juga dia SMS gue.. di SMS-nya itu tertulis..

innalillahi wainnalillahi rojiun teman kita yang bernama (temen gue yang dateng tiba tiba dalam mimpi gue) telah meninggal dunia.

Gue masih setengah enggak percaya.. padahal barusan dia dateng dalam mimpi gue dan nawarin dirinya buat bantuin penjualan film gue ini: I'm Watching YEYE CREW On The Behind Camera!

satu lagi yang bikin gue makin mengerti satu hal.. ending film bisa berbeda beda.. enggak harus sebagus film film keren pada umumnya.. tapi film kita membawa kebahagiaan bagi semua orang.. dan kita enggak tau kapan harus mengakhiri film kita.. mungkin itulah kehidupan.
2 Comments:
Blogger Jang Hye Ji said...
cepeng...itu yang meninggal sapa??
ksh inisial ja...

Blogger cepeng gembel said...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

blog-indonesia.com