Rabu, Februari 17, 2010
Berterimakasihlah Pada Friendster
Akhirnya oh akhirnya cepeng gembel telah kembali ke pangkuan jogja.. sempet males sih balik kesini lagi, rasanya singkat banget liburan kemaren.. well, liburan kemaren adalah bagian liburan yang menyenangkan..engga lebai sih, tapi beneran buat gue berkesan banget.. happy ending.. dan yang lebih penting lagi, banyak banget yang udah gue repotin gara gara liburan gue yang kemaren rencananya bikin film..hehe thanks all for the patient hehehe..

Anyway, gue balik ke jogja itu artinya gue udah mulai kuliah lagi, siap untuk menerima pelajaran pelajaran dari bapak/ibu dosen yang saya (kurang) banggakan.. hehe.. but, kalo ga kuliah rasanya pengen kuliah, tapi pas kuliah, ada jam, bikin ngantuk pengen cepet cepet pulang ke rumah dan tidoorr...

Semester ini adalah semester yang menentukan bagi gue apakah gue lanjut ke semester 5, atau di depak dari fakultas ekonomika & bisnis (FEB) UGM.. pasalnya untuk lanjut ke semester 5 tar, gue harus bener bener lulus dari semester 4.. istilahnya kayak anak SMA yang sebentar lagi akan UAN, kalo engga lulus, ya bakalan malu sendiri.. belajar selama 3 tahun, dan ditentukan oleh soal soal yang bikin kepala jungkir balik.. sama halnya dengan gue, belajar 4 semester dan ditentukan juga dalam 1 semester sekarang ini!

Katanya sih, semester 5 kita udah mulai PKL.. damn! gue engga tau harus gimana.. kenapa? karena katanya anak FEB bakal PKL di suatu perusahaan tertentu untuk angkatan gue.. semisal gue PKL nanti dan ditaro di perusahaan perusahaan gede, kan ga lucu aja kalo bos-nya nanti bilang 'maaf, perusahaan kami tidak menerima karyawan kekurangan gizi'

Semester ini juga adalah semester yang paling berat bagi gue, i mean, SEMESTER BERAT! dari 20 SKS yang gue dapetin salah satunya adanya jam kuliah malam! sumpah gak ada niatan lebai, tapi emang pada dasarnya gue baru kali ini dapet kuliah malam..

gue pernah ngebayangin temen gue yang ngambil kelas malam di salah satu tempat kuliahan negri, dan gue liat capeknya minta ditabok.. masa iya kita lagi enak enak bobok eh ini kita disuruh kuliah.. persis kayak les..

Well, jalanin aja lah.. toh jarak kos ke kampus tinggal lurus aja (loh? apa hubungannya?)

Tapi sampai saat ini, gue udah bolos 4 mata kuliah, GOOD JOB! hahaha... sebenernya dari hari senen kemaren gue udah mulai kuliah, tapi senen kemaren gue masih dalam perjalanan, selasanya gue baru nyampe udah ada kelas Perilaku Organisasi, lagi lagi gue ketiduran karena baru nyampe kecapean!

kemaren juga nadia, mantan gue yang lagi lagi gue sekelas ama dia di kelas Perilaku Organisasi nelepon gue..

nadia: woi! katanya udah nyampe? kok engga kuliah?
gue: masih pagi.. gue ngantuk banget, capek...
nadia: KAMU ENGGA NYADAR SEKARANG JAM BERAPA!
gue: jam berapa?
nadia: JAM 12 SIANG WOI!!
gue: *gubrak*

kelas PO (perilaku organisasi) sebenernya di mulai jam 10 pagi, dan dengan hebatnya gue bangun jam 12..disaat kelas udah bubar, gue baru bangun, dan dengan indahnya berkata 'masih pagi'

Pas gue liat keluar jendela, ternyata emang udah siang, tapi suasananya mendung, menandakan mau ujan.. daripada jemuran belom diangkat, kaos kutang pun sudah terpasang dengan benar, ya udah gue iseng browsing.. (bilang aja karena engga kuliah peng!)

Waktu itu entah kenapa, tangan gue ngetik 'friendster.com' gue buka buka lagi friendster gue yang jadul.. sebenernya gue sendiri iseng iseng aja mau ngeliat friendster gue yang udah berdebu..

Gue buka buka lagi testimonial gue dari page 1.. disitu banyak banget kenang kenangan yang tak terlupakan.. bagaikan sebuah mesin waktu yang dijalankan kembali.. aku membuka memori masa lalu.. preett..

Engga ada maksud nyombong, tapi bagi gue yang udah hatam masalah pergaulan di friendster, gue bisa mengklarifikasikan beberapa penggunannya

yang pertama, pengguna friendster untuk iseng cari gebetan.. gue engga tau iseng atau emang udah niat mereka bikin friendster untuk tujuan tersebut, bahkan sampai era facebook sekarang ini, tetep aja masih ada orang yang niat nyari jodoh di dunia maya..

Biar banyak cewek/cowok yang nge-add atau nge-approve, caranya gampang banget.. mereka tinggal pasang foto orang lain, gambar david beckham, foto dirinya bersama benda kesayangannya (kebanyakan motor), dan yang lebih absurd lagi, foto senarsis narsisnya juga dipajang.. ehm.. engga tau deh, yang jelas bagi gue dunia maya udah jadi kontak jodoh secara langsung..

kedua, pengguna alay.. gue engga tau darimana istilah ini datengnya, engga ada arti khusus untuk mendefinisikan alay.. ada yang bilang anak layangan, ada yang bilang anak lebay.. mungkin di masa berikutnya bakal ada istilah abel.. anak gembel.. semoga aja engga ada..

pengguna alay ada ciri khusus yang bisa diliat secara kasat mata (engga, mereka engga bugil kok).. liat aja cirinya, di profil page biasanya ada gambar gambar yang engga jelas.. pengguna alay juga biasanya selalu nulis dengan tulisan yang gede kecil gede kecil.. tulisan mereka biasanya tidak mudah dibaca.. sEveRtiy iNi <--sumpah susah banget ngetiknya! kalian kreatif juga!

Ketiga, pengguna friendster untuk berbisnis.. ya! mungkin lo pernah denger istilah MLM yang booming banget di tahun 2008 kemaren.. supaya bisnis MLM mereka lancar, harus punya networking yang luas.. lagi lagi mereka memanfaatkan jaringan situs sosial seperti friendster untuk mengumpulkan meber.. eh, member..

biasanya, mereka sering banget ngirim message yang berbentuk link link yang engga jelas, pas diklik malah ke link perusahaan MLM yang juga engga jelas siapa bos-nya..

Keempat, pengguna yang berkedok sebagai bokepers.. mereka udah engga asing lagi.. banyak diantaranya mahasiswi, cantik, fotonya juga kebanyakan HOT, ehh, tau taunya itu bukan friendster aslinya.. mungkin ada orang lain yang sengaja ngambil fotonya terus dibikinin friendster..

kadang kadang mereka juga iseng ngirim testi atau message yang menyuruh kita ngebuka link yang dia kirim.. entah iseng atau bukan.. gue engga pernah percaya lagi sama mahasiswi yang berkedok sebagai bokepers di dunia maya..

kelima, pengguna 'privat photo'.. yang jelas, gue engga tau maksudnya apa, mereka uplod foto, tapi kenapa di privat alias kita engga boleh liat? kalo emang tujuannya itu, kenapa mereka uplod?

kawan.. rupanya memang banyak yang harus kita tanyakan kepada galileo..

keenam, pengguna narsis.. sebenernya gue bisa aja masukin kategori ini pada pengguna kedua dan yang pertama.. banyak banget (terutama) cewek yang gila foto, banci foto, fotogenik.. udah gitu pake acara uplod sebanyak banyaknya di friendster.. nyampe jumlah album mereka di friendster bisa puluhan.. engga ding, gue baru liat nyampe belasan doang..

Banyak banget diantaranya.. misalnya aja ada yang nyampe 12 foto album, yang satu foto keluarganya, foto dirinya sendiri, sama pacarnya, sama temen SD, temen SMP, temen SMA, foto binatang peliharaannya, foto waktu lebaran, kawinan kakaknya, dll.

ketujuh, pengguna spoiled.. untuk yang bagian ini, secara singkat mereka suka ngirim testy yang engga jelas juga, misalnya "makasih udah ngeadd" atau "siapa dimana? just view?"

atau biasanya, mereka ngisi kolom Shout Out atau di Bulletinboard juga biasanya muncul, padahal kita sendiri engga begitu peduli sama yang mereka lakukan, contohnya "ih gue males banget sama pelajaran hari ini, bete!" atau "kok dia gitu ya sama aku? jalanin aja deh.."

delapan, pengguna pembajak atau yang biasa kita kenal, hacker.. untuk yang friendsternya belom pernah ke hack orang, perlu diperhatikan.. siapa tau friendster lo udah di bajak orang, karena sekarang ini friendster udah lama engga digunain ketimbang facebook..

dan yang terakhir, gue bisa ngasih kesimpulan, di era facebook sekarang, sama dengan era friendster tahun lalu.. penggunanya masih sama sama labil.. engga heran kalo sekarang banyak banget kasus orang hilang gara gara facebook..

tapi tanpa mengurangi rasa hormat gue, gue engga bilang facebook itu 'haram'..

malah, kita harus berterimakasih.. karena berkat situs sosial yang terkenal sejak jamannya friendster lalu, kita bisa punya banyak kenalan dari sabang sampai marauke.. atau sampe luar negri mungkin?

Well, by the way, about myself.. gue masih belom tau nasip gue kuliah semester ini.. sampe saat ini, sampe posting ini diturunkan.. gue masih bolos kuliah gara gara bangun kesiangan lagi.. gue masih dengan-tampang-seakan-tanpa-dosa malah masih twitteran, padahal anak anak lagi pada sibuk kuliah.. huhuhu i have disaster now! grekgrekgrek..
2 Comments:
Anonymous Anonim said...
mantabh...
:)

Blogger cepeng gembel said...
hoho sori telat.. thanks :)

Posting Komentar

blog-indonesia.com