Sabtu, Desember 05, 2009
Kenang-Kenangan Bersama Taki
*nyambung dari post sebelumnya

Baru beberapa hari ini kelinci gue yang belum dikasih nama (masih belum dikasih nama!) udah uring uringan..ya ya ya..gue belum bawa dia ke dokter hewan..kayaknya dia sakit sakitan mulu, batuk batukan (loh?)

gak tau kenapa sekarang kalo dia tak kasih kangkung atau wortel pasti gak mau langsung dimakan..malah di diemin aja...terus juga pas gue ajak jalan jalan atau lebih tepatnya di lepas kandang, dia gak mau gerak gerak..gak mau loncat sama sekali..biasanya aja kereta lewat bisa dia diloncatin..haha lebai..

hal ini bikin gue teringat ama kelinci yang duluuu banget gue punya dan gue urus...bukan punya gue sih, tapi punya adek gue..tetep aja yang ngurusin gue!

waktu itu gue masih duduk di bangku kelas 2 SMP..masih tetep gembel..

Pas gue pulang, tiba tiba ada seekor kelinci lompat kesana kemari di halaman rumah..gue tanya, itu kelinci siapa? ternyata kata pembokat gue itu kelincinya adek gue si Ami..

diberi nama Taki, karena bulunya halus, putih, dan cantik..iya, emang rada gak nyambung...sampai saat ini gue masih belum tau alesannya si ami ngasih nama aneh...TAKI..

kalo gue liat, jelas si taki ini berbeda dari kelinci pada umumnya..maunya keluar kandaaang mulu, setiap dikasih kangkung yang belum di iris pasti abis, wortel mentah juga abis, serada hiperaktip...gak salah deh kalo ini kelinci mahal..

Pas gue nanya ke ami..

ami: gimana da? lucu kan kelincinya?
gue: i..iya..beli dimana tuh?
ami: tadi ke jakarta, ngeliat kelinci, bagus deh lucu..
gue: oh...berapaan?
ami: iyaa..harganya 50 ribuan loh..

bener dugaan gue, tuh kelinci mahal..belinya aja di jakarta <-udik!

Anyway, si ami ini adek gue yang pertama yang selalu pingin memelihara sesuatu tapi gak mau ngurusnya..imbasnya pasti gue atau pembokat gue yang ngurus binatang binatang piaraan dia..

pernah dia minta dibeliin ayam, dibeliin ama bokap gue...ayam pitik yang masih keciiill (yaiyalah!!) warnanya kuning, baru dapet dua minggu ayamnya udah kabur gak tau kemana..nyari indungnya barangkali..

balik ke Taki..

kali ini taki bener bener diurus dengan sangat hati hati..alesannya pertama, karena nyokap gak suka ngeliat bangkai binatang apapun dirumah, yang kedua, ami terlanjur suka ama kelinci ini..

yaudah akhirnya kita ngurus nih kelinci dengan baik (baca: gue dan pembokat)

Udah gue bilang, si taki ini kelinci yang hiperaktip..jadi harus dijaga betul betul..gue baru ngeh kalo taki ini kelinci yang hiperaktip waktu gue ngasih makan dia..

Jadi gue kasih makan dia wortel dua batang yang masih baru dari kulkas..baru beberapa menit kemudian, tinggal wortel yang satunya lagi belum abis..buset dah..jadi dari dua wortel yang baru dikasih beberapa menit yang lalu, sekarang tinggal satu..hobi apa kelaperan sih nih kelinci..

Beberapa bulan terakhir gue kecapean ngurus nih kelinci, pembokat gue juga udah ngeluh karena gak sanggup ngurus taki.."kalo eek susah ngebersiinnya ndy.." kata pembokat gue..

Iya sih, gue kurang setuju juga kalo si pemiliknya (si ami) gak pernah ngurus taki..maka gue suruh si ami ngurusin taki...

gue: heh, lo yang punya kelinci kaga pernah ngurus..maunya ngajak mainnya aja...
ami: males geh..
gue: bodo, gue ama teteh (pembokat) kaga mau lagi ngurusinnya..
ami: iya deh..

gue gertak si ami, baru dia mau ngurus..

suatu hari, pas gue pulang dari sekolah..tiba tiba gue liat taki di halaman rumah lemes...loh? kenapa nih taki? kurang semangatkah hari ini? hehehe..

ya udah gue kasih wortel dari kulkas..niatnya mau ngasih makan, takutnya dia lemes karena kelaperan..beberapa menit kemudian gue liat..malahan gak dimakan sama sekali..masih utuh aja wortelnya..hmm??

gue: ami, tuh taki kenapa?
ami: gak tau..
gue: pasti kenapa kenapa..orang dia lemes gitu kok
ami: oh iya, ami lupa gak ngasih makan dua hariii!!!
gue: dasar gembel...teteh gak ngasih makan?
ami: ami udah bilang, teteh jangan ngurusin taki, biar ami aja yang ngurusin..kalo ada apa apa taki tanggung jawab ami..

pantesan aja dia jadi lemes..tapi anehnya, kalo gak dikasih makan dua hari, kenapa wortelnya gak abis? hmm...butuh pakar kelincian kalo begini..

Lalu beberapa hari kemudian, di hari minggu yang cerah..gue bangun siang, hehe..pas gue mau maen, gue liat taki di halaman rumah dengan bulu yang udah jarang jarang, basah...waduh, nih taki abis dimandiin kayaknya..pas gue tanya ke ami...

BENER! TAKI DIMANDIIN

gue: kok taki dimandiin?
ami: abis bulunya kotor...
gue: loh?
ami: iya, bulunya putih bikin kotor...jadi dimandiin ama ami pake gayung disebor..
gue:....

pelajaran penting bagi yang punya kelinci: JANGAN PERNAH MANDIIN KELINCI PAKE GAYUNG LANGSUNG DISEBOR...KALO ORANG BOLEH, TAPI KALO KELINCI ATAU BINATANG APAPUN..MATIIIIII!!!!

haduuuhhh..payah juga...

Taki makin lemes dari hari kehari..dia udah gak lagi hiperaktip, loncat loncatan kesana kemari, udah gak pernah lagi...kayaknya tinggal ngitung hari kapan dia modar..

Beberapa hari kemudian, kayaknya lusa deh setelah kejadian "taki dimandiin" bokap baru balik dari kerja, gue lagi nyuci sepatu (lagi ada mood)...tiba tiba..

KREEEKKK KREEEKKK....

loh bunyi apaan tuh?

suara berasal dari garasi mobil...gue cek..(anyway, garasi ama tempat gue nyuci sepatu sebelahan, disekat ama tembok)

tiba tiba...

TAKI KEGENCET MOBILLLL!!!!! O NOOO!!!!!

Bokap gue tanpa sengaja gak liat taki ada di garasi mobil....jadinya aja kegenceeetttt.....huhuhuhhu...

Taki yang tadinya imut, putih, lucu, pas kegencet mobil jadinya benyek, kayak lumpia basah...matanya hampir keluar, banyak darah dimana mana, usus usunya keluar keluar gitu..beneran horor...

ami nangis...gue cuman bisa diem..nyokap marah marah suruh langsung dibersihin, nyokap gue paling gak suka ngeliat bangkai binatang...

HARI ITU JUGA TAKI DIMAKAMKAN DIBELAKANG RUMAH..hikz..

Banyak banget kenang kenangan gue ama taki yang terlintas dikepala...oohhh..

saat kita bermain bersama, belajar bersama..(emangnya Bobo?)

well, biar gimana pun juga waktu itu gue baru sekali ini ngerasain hubungan antara hewan peliharaan dengan majikannya..atau lebih tepatnya yang ngurusnya..jadi merasa lebih dekaat, seperti ada hubungan batin..gue gak berlebihan, tapi kenyataan..

haaahhh....

semoga taki tenang di alam sana...

GBU.
0 Comments:

Posting Komentar

blog-indonesia.com